Ismail, Nur (2022) STRATEGI PEMASARAN TANAMAN ANGGREK (Orchidaceae) MELALUI DIGITAL MARKETING (Studi Kasus di Estie's Orchid, Kecamatan Limo, Kota Depok). Diploma thesis, Universitas Nasional.
Text
COVER.pdf Download (605kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (256kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Download (4MB) |
|
Text
BAB 3.pdf Download (269kB) |
|
Text
BAB 4.pdf Download (342kB) |
|
Text
BAB 5.pdf Download (521kB) |
|
Text
BAB 6.pdf Download (225kB) |
|
Text
DAPUS-LAMPIRAN.pdf Download (8MB) |
Abstract
Digitalisasi pemasaran pada pertanian khususnya tanaman hias anggrek merupakan strategi yang tepat untuk diimplementasikan dalam masa kini. Pemanfaatan potensi penjualan anggrek oleh perusahaan harus diimbangi dengan perencanaan strategi pemasaran supaya bisa lebih berkembang dan meminimalkan resiko kesalahan, maupun kerugian. Tujuannya untuk mengidentifikasi faktor internal dan eksternal strategi pemasaran tanaman anggrek melalui digital marketing dan merumuskan strategi pemasaran tanaman anggrek melalui digital marketing yang dapat meningkatkan omset penjualan di Estie'sOrchid. Penelitian ini dilaksanaan di Estie’sOrchid, Depok. Pengambilan data dilaksanakan pada bulan Juli-Agustus 2022. Metode pengambilan sampel dilakukan menggunakan metode Purposive Sampling (judgmental) dan pengambilan sampel kurang lebih 20 responden. Penelitian ini menerapkan analisis SWOT. Berdasarkan hasil analisis matriks IFAS, kekuatan utama yang dimiliki adalah citra produk yang baik dimata konsumen, mudah menghubungi toko melalui chat sosial media, dan tanaman anggrek yang dipasarkan secara online memiliki kualitas yang sama dengan aslinya dan kelemahan utamanya adalah capaian online marketplace yang tidak menyeluruh, belum memanfaatkan iklan di sosial media, belum mengoptimalkan promosi online (discount, free ongkir, give away), konten sosial media yang kurang menarik, dan kurang stabil dalam produksi. Sedangkan hasil analisis matriks EFAS menunjukkan peluang terbesar adalah loyalitas pelanggan online dan banyaknya peminat tanaman anggrek disosial media, sedangkan ancamannya adalah munculnya para pesaing online, kendala-kendala ditribusi online, undang-undang baru yang meningkatkan biaya, review konsumen di sosial media,konsumen online yang tidak setabil. Hasil dari analisis matriks QSPM, strategi pengembangan yang diperlukan oleh Estie’sOrchid adalah strategi S-O yaitu membangun citra produk yang baik dimata konsumen dengan memanfaatkan peminat tanaman anggrek yang banyak disosial media.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | S Agriculture > S Agriculture (General) |
Divisions: | Skripsi > Fakultas Pertanian > Program Studi Agroteknologi |
Depositing User: | Delvy Aprilizani - |
Date Deposited: | 05 Oct 2022 07:42 |
Last Modified: | 05 Oct 2022 07:42 |
URI: | http://repository.unas.ac.id/id/eprint/5409 |
Actions (login required)
View Item |