Fauziah, Syifa (2023) STANDAR PELAYANAN APLIKASI BURSA KERJA ONLINE (BKOL) PADA DINAS TENAGA KERJA KOTA DEPOK. Diploma thesis, Universitas Nasional.
Text
COVER.pdf Download (565kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (302kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Download (291kB) |
|
Text
BAB 3.pdf Download (257kB) |
|
Text
BAB 4.pdf Download (712kB) |
|
Text
BAB 5.pdf Download (106kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (972kB) |
Abstract
Bursa Kerja Online adalah adalah aplikasi yang dibuat dengan tujuan sebagai perantara untuk menghubungkan dan memfasilitasi pertemuan antara pengusaha yang mencari tenaga kerja dengan masyarakat yang sedang mencari pekerjaan secara daring. Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan yang terdapat pada proses pelayanan aplikasi Bursa Kerja Online, yaitu masih banyak masyarakat yang belum bisa memaksimalkan pesatnya perkembangan teknologi karena keterbatasan pengetahuan akan teknologi itu sendiri, serta masih marak ditemukannya keluhan-keluhan atau aduan-aduan dari masyarakat terkait dengan proses penyelenggaraan pelayanan yang dirasa masih kurang optimal, seperti proses pelayanan yang memakan waktu lama, persyaratan yang dibutuhkan terlalu rumit, perilaku petugas yang kurang mengayomi atas pelayanan yang diberikan, sarana dan prasana yang terkesan kurang memadai. Tujuan dari penulisan ini adalah untuk mengetahui pelayanan aplikasi Bursa Kerja Online (BKOL) sebagai upaya Dinas Tenaga Kerja dalam menyalurkan informasi lowongan pekerjaan di kota Depok. Metode yang digunakan dalam penelitan ini adalah menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan melakukan wawancara, observasi dan dokumentasi dilihat dari 6 (enam) indikator standar pelayanan publik menurut Afandi (2018), yaitu: Prosedur Pelayanan, Waktu Penyelesaian, Biaya Pelayanan, Produk Pelayanan, Sarana dan Prasarana dan Kompetensi Petugas Pemberi Layanan. Sumber data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh secara langsung dani informan dan observasi. Sedangkan, data sekunder bersumber dari data yang ada dari Dinas Tenaga Kerja Kota Depok serta dokumendokumen terkait dengan permasalahan yang akan diteliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelayanan aplikasi Bursa Kerja Online dilihat dari indikator waktu penyelesaian, biaya pelayanan, produk pelayanan serta sarana dan prasarana sudah berjalan dengan baik dan sudah cukup memadai dan menunjang. Dan jika dilihat dari indikator prosedur pelayanan serta kompetensi petugas pemberi layanan asih ditemukanya kendala seperti server yang terkadang suka down dan masih suka ditemukan petugas yang memeri layanan dengan sikap kurang ramah.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform |
Divisions: | Skripsi > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Administrasi Negara |
Depositing User: | Miss Rahma Rahmawati |
Date Deposited: | 30 Oct 2023 04:36 |
Last Modified: | 30 Oct 2023 04:36 |
URI: | http://repository.unas.ac.id/id/eprint/8633 |
Actions (login required)
View Item |