Peran Humas Unit Pengelola Kawasan Perkampungan Budaya Betawi Dalam Mempromosikan Desa Wisata Setu Babakan

Febrina, Sylva Asri (2023) Peran Humas Unit Pengelola Kawasan Perkampungan Budaya Betawi Dalam Mempromosikan Desa Wisata Setu Babakan. Diploma thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
Cover full.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I .pdf

Download (215kB)
[img] Text
BAB II .pdf

Download (751kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (355kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (214kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (2MB)

Abstract

Peran merupakan aspek yang dinamis dalam kedudukan terhadap sesuatu, apabila seseorang melakukan hak dan kewajibannya sesuai dengan kedudukannya, maka ia menjalankan suatu peran. Sedangkan peran humas adalah salah satu fungsi manajemen di perusahaan yang berperan untuk menyaring informasi yang berhubungan dengan perusahaan dan memfasilitasi kegiatan komunikasi untuk memberikan pemahaman kepada publik internal dan eksternalnya. Dalam hal ini Unit Pengelola Kawasan Perkampungan Budaya Betawi menjalankan perannya dalam melakukan hak dan kewajibannya sebagai Humas dalam mempromosikan desa wisata setu babakan. Pengoptimalan publikasi media promosi dalam penelitian ini dirasa masih kurang efektif, belum lagi penurunan jumlah pengunjung akibat pandemic covid 19, maka penulis memiliki tujuan untuk mengetahui peran humas dalam hal komunikator, membina relationship, dan back up management dalam mempromosikan desa wisata Setu Babakan. Acuan penulis untuk melakukan penelitian ini menggunakan teori peran (Roll Theory) dari Khantz dan Khan dengan menggunakan metode penelitian kualitatif yang bertujuan untuk menjelaskan dan menjabarkan suatu fenomena secara deskriptif, dengan tujuan menghasilkan gambaran secara utuh dan mendalam mengenai kejadian atau fenomena yang diteliti. Hasil penelitian ini Humas Unit Pengelola Kawasan Perkampungan Budaya Betawi dalam menjalankan perannya sebagai komunikator ialah sebagai alat komunikasi dua arah antara organisasi dengan publik penyebaran publikasi menggunakan sosial media Instagram, Youtube, facebook dan website. Kemudian dalam membina relationship peran humas disini menjalin Kerjasama melalui PT. PLN dan pelaku seni guna menunjang promosi desa wisata dengan mengadakan atraksi dan wahana baru seperti mobil dan sepeda listrik. Sedangkan dalam peran Back up menejement yang dilakukan humas ialah selalui mengevaluasi program yang dijalankan kemudian humas bisa melakukan perencanaan dengan menentukan tujuan, target pesan, serta media komunikasi yang lebih efektif untuk menyampaikan berita tersebut, sehingga untuk persiapan promosi lebih matang lagi. Kata Kunci:eran, Humas, Promosi, Desa Wisata.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
H Social Sciences > HF Commerce
Divisions: Skripsi > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: - Abdurrahman -
Date Deposited: 22 Jun 2023 03:42
Last Modified: 22 Jun 2023 03:42
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/7049

Actions (login required)

View Item View Item