Arfianti, Nur Alawiyyah (2022) STRATEGI SM ENTERTAINMENT MELALUI PENGEMBANGAN MODEL NEW CULTURE TECHNOLOGY DI AMERIKA SERIKAT : SEBAGAI BENTUK MEDIA DIPLOMASI PUBLIK DALAM PERSPEKTIF BISNIS INTERNASIONAL TAHUN 2019-2022. Diploma thesis, Universitas Nasional.
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (433kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (604kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (337kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (200kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (266kB) |
Abstract
Korea Selatan menggunakan diplomasi publik sebagai alat diplomasi untuk mengembangkan Hallyu Wave ke pasar global dan menarik minat publik asing, bukan hanya itu Korea Selatan juga memberikan dukungan serta wadah bagi perusahaan hiburan untuk turut andil dalam memperluas dan mengembangkan Hallyu Wave, hal ini diperuntukkan untuk meningkatkan citra nasional dan meningkatkan ekonomi Korea Selatan. Kini popularitas dan kesuksesan Hallyu semakin meningkat pesat, seperti halnya perusahaan multinasional yakni SM Entertainment yang bergerak dalam industri hiburan Korea Selatan. Skripsi ini berfokus kepada membahas mengenai upaya strategi SME sebagai media diplomasi publik melalui kegiatan bisnis internasionalnya dalam mengembangkan inovasi New Culture Technology di Amerika Serikat serta memperluas budaya Hallyu Wave untuk meningkatkan citra positif dan meningkatkan perekonomian Korea Selatan. Dengan pertanyaan penelitiannya yaitu “Bagaimana strategi dalam konsep competitive advantage melalui pengembangan model New Culture Technology di Amerika Serikat yang dilakukan SM Entertainment, serta upaya SM Entertainment sebagai media diplomasi publik dalam mengembangkan model New Culture Technology di pasar Amerika Serikat, melalui perspektif bisnis internasional?”. Tujuan dari penelitian ini dalah untuk menjelaskan upaya dan startegi SME sebagai media diplomasi publik melalui pengembangan New Culture Technology di Amerika serikat. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa studi pustaka, yang bersumber dari data sekunder berupa buku, jurnal, dokumen, website ataupun artikel, serta analisa menggunakan metode kualitatif deskriptif. Penelitian ini berlandas pada konsep keunggulan kompetitif, konsep diplomasi publik dan perspektif bisnis internasional, dimana ketiganya digunakan sebagai analisa. Sebagai hasil analisa, dengan adanya strategi dan pengembangan New Culture Technology di Amerika Serikat, SME sebagai media diplomasi publik Korea Selatan berhasil dalam meningkatkan pertumbuhan ekspor produk-produk Korea Selatan ke pasar Amerika Serikat, bukan hanya itu SME juga berhasil dalam meningkatkan citra positif Korea Selatan, serta berhasil dalam menarik minat masyarakat Amerika Serikat terhadap popularitas Korean Wave. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa aktivitas diplomasi publik dan bisnis internasional SME telah berhasil dalam mengembangkan teknologi budaya baru di Amerika Serikat melalui strategi yang digunakan untuk mencapai keunggulan kompetitif.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | J Political Science > JF Political institutions (General) J Political Science > JZ International relations |
Divisions: | Skripsi > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Hubungan Internasional |
Depositing User: | Delvy Aprilizani - |
Date Deposited: | 18 Oct 2022 06:01 |
Last Modified: | 18 Oct 2022 06:01 |
URI: | http://repository.unas.ac.id/id/eprint/5872 |
Actions (login required)
View Item |