PENGARUH PENERAPAN TERAPI BERMAIN PUZZLE TERHADAP TINGKAT KECEMASAN PADA ANAK PRASEKOLAH USIA 3 - 6 TAHUN DI RUANG RAWAT INAP RSUD KOTA SERANG TAHUN 2023

Sulehah, Sulehah (2023) PENGARUH PENERAPAN TERAPI BERMAIN PUZZLE TERHADAP TINGKAT KECEMASAN PADA ANAK PRASEKOLAH USIA 3 - 6 TAHUN DI RUANG RAWAT INAP RSUD KOTA SERANG TAHUN 2023. Diploma thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (350kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (498kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (476kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (312kB)
[img] Text
LAMPIRAN BELAKANG.pdf

Download (1MB)

Abstract

Latar Belakang : Anak-anak yang menjalankan hospitalisasi atau perawatan rawat inap akan mengalami masalah sosial, psikologis dan pekembangan disebabkan oleh diagnosa dan intervensi perawatan dan perubahan lingkungan social. Selama anak menjalani hospitalisasi banyak kejadian yang sering dialami anak dan keluarga seperti perasaan trauma dan stress sehingga menimbulkan perasaan cemas, marah, sedih, takut dan merasa bersalah Tujuan :Untuk mengetahui pengaruh penerapan terapi bermain puzzle terhadap tingkat kecemasan pada prasekolah usia 3 – 6 tahun di ruang rawat inap RSUD Kota Serang Tahun 2023. Metodologi : Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi experimental with one group posttest design. Dengan mengkaji perbandingan pengaruh pada penerapan terapi bermain puzzle terhadap tingkat kecemasan pada anak diruang Rawat inap RSUD Kota Serang Tahun 2023 dengan sampel penelitian sebanyak 30 responden. Hasil Penelitian : Gambaran tingkat kecemasan pada kelompok kontrol nilai mean pre tanpa puzzle yang diperoleh adalah sebanyak 7,93 dan mean untuk post tanpa puzzle yaitu 7,47. Nilai min max pada kelompok pre tanpa puzzle 7-9 dan kelompok post tanpa puzzle 7-8. pada kelompok intervensi nilai mean atau nilai rata-rata pre dengan puzzle yang diperoleh adalah sebanyak 7,93 dan mean untuk post setelah diberikan intervensi yaitu 5,40. Nilai min max sebelum diberikan bermain puzzle 6-9 dan sesudah diberikan terapi bermain puzzle 3-7 Tidak ada perbedaan kecemasan Pada Kelompok Kontrol dengan nilai P=0,006 sedangkan pada kelompok intervensi ada perbedaan kecemasan dengan nilai P=0,000. Simpulan : Tidak ada perbedaan kecemasan prasekolah usia 3 – 6 tahun di ruang rawat inap RSUD Kota Serang Pada Kelompok Kontrol dan pada kelompok intervensi ada perbedaan kecemasan prasekolah usia 3 – 6 tahun di ruang rawat inap RSUD Kota Serang. Saran : Disarankan hasil penelitian ini bermanfaat dalam memberikan alternatif terapi untuk anak usia prasekolah yang mengalami kecemasan dalam proses perawatan .

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology
R Medicine > RT Nursing
Divisions: Skripsi > Fakultas Ilmu Kesehatan > Program Studi Keperawatan
Depositing User: Miss Rahma Rahmawati
Date Deposited: 18 Oct 2023 03:30
Last Modified: 18 Oct 2023 03:30
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/8323

Actions (login required)

View Item View Item