PENGARUH VIRAL MARKETING TOKOPEDIA X BTS TERHADAP MINAT BELI PRODUK MELALUI APLIKASI TOKOPEDIA (Survei Pengguna Aplikasi Tokopedia Wilayah Jabodetabek)

Pertiwi, Diah Eka (2023) PENGARUH VIRAL MARKETING TOKOPEDIA X BTS TERHADAP MINAT BELI PRODUK MELALUI APLIKASI TOKOPEDIA (Survei Pengguna Aplikasi Tokopedia Wilayah Jabodetabek). Diploma thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
1.COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (729kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (801kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (785kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (785kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (321kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA _ LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tokopedia menjadi situs belanja online paling diminati pada Kuartal I tahun 2022 dengan jumlah rata-rata pengunjung bulanan sebanyak 157,2 juta. Namun, dibalik viral marketing dari jalinan kerjasama antara Tokopedia dan BTS. Sebelumnya Tokopedia pernah mengalami kasus yang serius yaitu adanya kebocoran data dari para pengguna Tokopedia. Pencurian data Tokopedia ini melakukan penelponan palsu terhadap korban. Peneliti menduga jika kerjasama viral marketing dari Tokopedia dan BTS ini untuk memulihkan minat masyarakat dalam melakukan pembelian di aplikasi Tokopedia tanpa takut merasa data-data mereka bocor kembali. Penelitian ini akan meneliti kaitannya antara pengaruh viral marketing yang dilakukan oleh Tokopedia x BTS pada Agustus-Desember 2022 dalam menarik minat pembelian masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui viral marketing Tokopedia x BTS pada periode Agustus-Desember 2022 terhadap minat beli masyarakat di aplikasi Tokopedia, untuk mengetahui kontribusi masyarakat dalam mengikuti program Tokopedia x BTS pada periode Agustus-Desember 2022, mengetahui gambaran secara umum dan komprehensif mengenai variabel X, untuk mengetahui gambaran secara umum dan komprehensif mengenai variabel Y, untuk mengetahui pengaruh variabel X dan variabel Y. Penelitian ini menggunakan sumber data primer dan sekunder berupa jurnal, buku, dan website kredibel. Penelitian ini menggunakan teori Elaboration Likelihood Model dan menggunakan pendekatan kuantitatif eksplanatif dengan taraf signifikansi 5% (0,05). Populasi yang digunakan yaitu masyarakat pengguna aplikasi Tokopedia, mengetahui atau pernah mengikuti program viral marketing Tokopedia x BTS, domisili Jabodetabek, dan berusia 18-35 tahun serta menggunakan nonprobability sampling jenis teknik quota sampling. Serta menggunakan kuesioner untuk teknik pengumpulan datanya. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan uji regresi linier sederhana. Nilai korelasi 0,826 menandakan kekuatan hubungan erat/tinggi serta hubungan yang linear (searah) dikarenakan nilai korelasi positif. Viral marketing Tokopedia x BTS memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli produk melalui aplikasi Tokopedia sebesar 68,3%. Setiap penambahan 1% nilai viral marketing Tokopedia x BTS, maka nilai minat beli produk melalui aplikasi Tokopedia bertambah sebesar 0,884.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
H Social Sciences > HF Commerce
Divisions: Skripsi > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Delvy Aprilizani -
Date Deposited: 23 Jun 2023 06:27
Last Modified: 23 Jun 2023 06:27
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/7092

Actions (login required)

View Item View Item