PERSEPSI PENONTON PADA JINGLE IKLAN SHOPEE DI TELEVISI (Studi Kasus Pada Masyarakat Jalan Dr. Setia Budi Pamulang Tangerang Selatan)

Hariyadi, Yoga (2023) PERSEPSI PENONTON PADA JINGLE IKLAN SHOPEE DI TELEVISI (Studi Kasus Pada Masyarakat Jalan Dr. Setia Budi Pamulang Tangerang Selatan). Diploma thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
Cover.pdf

Download (690kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (366kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (407kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (436kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (109kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisi bagaimana persepsi penonton pada jingle iklan Shopee ditelevisi. Dengan menggunakan teori Persepsi Atkinson, terdiri atas respon terhadap iklan, iklan yang diterima seseorang sangat kompleks, dan ditafsirkan serta diberi makna. Metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus eksplanatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa Persepsi respon terhadap iklan terlihat adanya tanggapan atau reaksi yang muncul dari pendengar atau audiens setelah terpapar dengan jingle musik yang disajikan dalam iklan. Premis iklan yang diterima seseorang sangat kompleks dinyatakan bahwa jingle iklan Shopee menyajikan banyak informasi, baik dalam bentuk visual dan audio. Selain itu, jingle iklan Shopeejuga mencoba merangsang emosi dan menciptakan koneksi dengan audiens. Premis ditafsirkan serta diberi makna terletak pada bagaimana pesan dan elemen-elemen iklan seperti visual, audio, latar belakang musik, warna, kata-kata, dan narasi diinterpretasikan dan direspon oleh penonton. Setiap penonton memiliki cara tersendiri dalam menafsirkan iklan berdasarkan pemahaman dan sudut pandangnya sendiri. Dengan demikian penelitian ini dapat disimpulkan bahwa persepsi penonton pada jingle iklan Shopee telah memenuhi teori Persepsi seperti yang disarankan oleh Atkinson. Peneliti menyarankan agar para perusahaan perusahaan untuk membuat jingle iklan yang dapat menciptakan alat pemasaran yang efektif untuk mencapai berbagai tujuan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Skripsi > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Miss Rahma Rahmawati
Date Deposited: 04 Dec 2023 03:56
Last Modified: 04 Dec 2023 03:56
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/9072

Actions (login required)

View Item View Item