Modal Sosial Guru dan Anak Berkebutuhan Khusus Dalam Penerapan Pendidikan Inklusif (Studi Kasus di SDS Royal Wells School Bekasi)

Dermawan, Andhika Rahmat (2023) Modal Sosial Guru dan Anak Berkebutuhan Khusus Dalam Penerapan Pendidikan Inklusif (Studi Kasus di SDS Royal Wells School Bekasi). Diploma thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
Cover_compressed (3).pdf

Download (294kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (168kB)
[img] Text
Bab 2.pdf

Download (258kB)
[img] Text
Bab 3.pdf

Download (207kB)
[img] Text
Bab 4.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (138kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang “Modal Sosial Guru dan Anak Berkebutuhan Khusus Dalam Penerapan Pendidikan Inklusi” di SDS Royal Wells School Bekasi dengan melihat adanya ketimpangan antara pendidikan regular dengan Pendidikan inklusif. SDS Royal Wells School menerapkan kebijakan pendidikan inklusif melalui kelas inklusi yang disediakan untuk anak-anak berkebutuhan khusus agar dapat memenuhi kebutuhan pendidikan yang wajib didapatkan setiap anak di Indonesia. Metode penelitian yang digunakan peneliti dalam peneilitan ini menggunakan metode penelitian pendekatan kualitatif. Penelitian ini bersifat deskriptif dan cenderung menggunakan analisis pada suatu kondisi objek dalam penelitian dengan menggunakan teori Putnam dalam buku John Field terkait modal sosial. Penentuan informan dengan teknik purposive sampling kepada pengurus Kepala Sekolah kelas inklusi, Guru di kelas inklusi, serta orang tua dari anak berkebutuhan khusus. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa modal sosial sangat berperan penting dalam berjalannya kelas inklusi ini untuk memenuhi kewajiban pendidikan ABK. Terdapat 3 aspek modal sosial dalam penelitian ini, yaitu kepercayaa, jaringan sosial dan nilai & norma. Dalam modal kepercayaan, kepala sekolah membangun kepercayaan dengan cara melakukan pendekatan- pendekatan melalui orang tua. Melalui modal jaringan sosial, terdapat banyak pihak yang membantu berjalannya kelas inklusi ini, Melalui nilai & norma, merupakan suatu hal yang dipegang teguh dalam melakukan kegiatan dan dilaksanakan dengan sebaik mungkin.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Skripsi > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Miss Rahma Rahmawati
Date Deposited: 02 Nov 2023 03:59
Last Modified: 02 Nov 2023 03:59
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/8759

Actions (login required)

View Item View Item