Implementasi Kebijakan Pengembangan Kompetensi Manajerial Aparatur Pemerintah Daerah di Kantor Walikota Jakarta Pusat

Yahya, Irfan Muhammad (2023) Implementasi Kebijakan Pengembangan Kompetensi Manajerial Aparatur Pemerintah Daerah di Kantor Walikota Jakarta Pusat. Masters thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
Cover.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (256kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (398kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (243kB)
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (581kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (122kB)
[img] Text
Lampiran_compressed (9).pdf

Download (765kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul Implementasi Kebijakan Pengembangan Kompetensi Manajerial Aparatur Pemerintah Daerah di Kantor Walikota Jakarta Pusat. Kompetensi Aparatur masih menjadi sebuah persoalan yang perlu mendapat perhatian terutama dilihat dari segi Kompetensi Manajerial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi kebijakan pengembangan kompetensi manajerial aparatur. Selain itu penelitian tesis ini menjelaskan terkait faktor penghambat dan faktor pendukung implementasi kebijakan pengembangan Kompetensi Manajerial Aparatur. Teori yang digunakan adalah Teori Edward yang terdiri dari empat dimensi yaitu Struktur Organisasi, Sumberdaya Organisasi, Disposisi, dan Struktur Birokrasi. Metode penelitian ini menggunakan Deskriptif Kualitatif, dengan jenis teknik pengumpulan reduksi data melalui informan yang terlibat langsung memahami tentang implementasi kebijakan pengembangan kompetensi manajerial aparatur. Instrumen penelitian ini tentunya menggunakan pengumpulan data, wawancara dan dokumentasi. Sehingga hasil pada penelitian ini ialah pada dimensi komunikasi terjalin sinergitas yang sangat baik, dilihat dari segi sumber daya manusia secara kapasitas dan kualitas cukup baik, walaupun dari segi tugas dan porsi yang berbeda dan saling membantu dalam kinerja. Selain itu di lihat dari segi disposisi rekruitmen pegawai terdiri dari PNS, P3K, dan honorer. Mengenai penempatan merupakan wewenang dari Badan Kepegawaian Daerah (BKD) sedangkan untuk pegawai honorer penrekrutan merupakan hasi wawancara para pelamar yang dilakukan setiap tahunnya. Dimensi terakhir dilihat dari struktur birokrasi dimana standar yang di cantumkan sudah sesuai dengan tugas dan fungsinya masing-masing karena sudah dipersiapkan sedemikian mungkin untuk dapat meningkatkan pengembangan kompetensi pegawai.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Tesis dan Disertasi > Sekolah Pasca Sarjana > Program Studi S2 Ilmu Administrasi
Depositing User: Miss Rahma Rahmawati
Date Deposited: 31 Oct 2023 06:29
Last Modified: 31 Oct 2023 06:29
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/8685

Actions (login required)

View Item View Item