Arfah, Arfah (2023) PELAYANAN PERIZINAN MELALUI SISTEM PERIZINAN PERTANIAN ELEKTRONIK (SIMPEL) DI PUSAT PERLINDUNGAN VARIETASTANAMAN DAN PERIZINAN PERTANIAN - KEMENTERIAN PERTANIAN. Diploma thesis, Universitas Nasional.
Text
COVER (Cover, Lembar Penunjang, Abstrak, Kata Pengantar, Daftar Isi).pdf Download (843kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (382kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Download (296kB) |
|
Text
BAB 3.pdf Download (264kB) |
|
Text
BAB 4.pdf Download (905kB) |
|
Text
BAB 5.pdf Download (153kB) |
|
Text
LAMPIRAN (Daftar Pustaka, lampiran-lampiran, Lembar awal hasil turnitin).pdf Download (1MB) |
Abstract
Identifikasi masalah pelayanan perizinan melalui simpel di Pusat PVTPP Kementerian Pertanian. Di dalam penelitian ini terdapat beberapa permasalahan yaitu sistem onlinenya terkadang masih bermasalah, masih terdapat kendala terkait registrasi/pendaftarannya.Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui proses Pelayanan perizinan melalui sistem perizinan pertanian elektronik (SIMPEL) di Pusat PVTPP Kementerian Pertanian. Metode penelitian yang digunakan kualitatif deskriptif dan teknik pengumpulan data dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informan kunci pada penelitian ini yaitu verifikator perizinan, informan utama yaitu pegawai Pusat PVTPP, dan informan pendukung yaitu 3 (tiga) pelaku pemohon perizinan. Pada penelitian ini menggunakan teknik analisis data reduksi, display data, dan conclusion drawing/ kesimpulan. Dalam pelaksanaan pelayanan perizinan menggunakan: 1. dimensi berwujud (tangible) pelaksanaan pelayanan melalui simpel yang diberikan sudah cukup baik terlihat dari portal simpel dapat memudahkan pemohon perizinan dan tersedia fasilitas seperti fiturfitur yang memandai (fitur kritik dan saran). 2. dimensi kahandalan (reliability) terkait ketepatan waktu dalam penyelesaianya yang sudah sesuai SOP. Namun, sistem simpel harus terus memberikan peningkatan agar berjalan dengan maksimal. 3. dimensi Ketanggapan (responsive) fitur didalam simpel sudah cukup cepat dalam proses perizinan. Ada hal yang harus dicek ulang terkait fiturfitur dan penyampaian informasi kedalam simpel agar lebih maksimal. 4. dimensi jaminan (assurance) ada beberapa jaminan yang diberikan yaitu ketepatan waktu, biaya, pelayanannya dan data pemohon yang teruplaod di dalam simpel sudah diberikan keamanan yang sesuai oleh Pusat PVTPP. 5. empati (empaty) sudah cukup memperhatikan keinginan pemohon dan selalu memberikan kenyamanan pemohon yang sedang melakukan proses perizinan di simpel
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) J Political Science > JA Political science (General) |
Divisions: | Skripsi > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Administrasi Negara |
Depositing User: | Miss Rahma Rahmawati |
Date Deposited: | 26 Oct 2023 03:41 |
Last Modified: | 26 Oct 2023 03:41 |
URI: | http://repository.unas.ac.id/id/eprint/8546 |
Actions (login required)
View Item |