ANALISIS MAKNA TAGLINE “LEPASIN PERASAANMU DENGAN PAMUNGKAS” PADA IKLAN SPOTIFY VERSI PAMUNGKAS-BIRDY

Arifin, Vicky Firdaus (2023) ANALISIS MAKNA TAGLINE “LEPASIN PERASAANMU DENGAN PAMUNGKAS” PADA IKLAN SPOTIFY VERSI PAMUNGKAS-BIRDY. Bachelor thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
Cover (cover, Lembar Penunjang, Abstrak, Kata Pengantar, Daftar Isi).pdf

Download (678kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 4_compressed.pdf

Download (195kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Lampiran (Daftar Pustaka, Lampiran-lampiran, Lembar awal hasil uji turnitin).pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui interpretasi tagline “Lepasin Perasasanmu Dengan Pamungkas” Pada Iklan Spotify Versi Pamungkas-Birdy. Sejak tahun 2018, Spotify bekerja sama dengan musisi yang sedang naik daun saat ini, yaitu; Pamungkas. Kolaborasi yang bertajuk Spotify x Pamungkas. Spotify menggunakan tagline “Lepasin Perasasanmu Dengan Pamungkas”. Penelitian ini menggunakan pendekatan semiotika Ferdinand De Saussure dengan metode kualitatif. Penelitian ini menggunakan teknik observasi dengan mengumpulkan data yang sesuai dan memanfaatkan seluruh indera dengan mengamati langsung tagline dari Iklan Spotify versi Pamungkas-Birdy. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Tagline “Lepasin Perasasanmu Dengan Pamungkas” merefleksikan bahwa Audiensi iklan dapat melepaskan atau membebaskan apa yang dirasa secara emosional (marah, sedih, senang, cinta, takut dan cemburu) dengan mendengarkan lagu-lagu dari album birdy oleh Pamungkas. Spotify memastikan bahwa bahasa yang digunakan sesuai dengan budaya setempat, sehingga pesan dapat terasa lebih dekat dengan audiensi. Mereka menyesuaikan bahasa dengan masyarakat Jakarta, yang merupakan tempat tinggal orang-orang dengan suku Betawi. Dengan menggunakan bahasa yang diterima dan mudah dipahami oleh masyarakat, pesan dari Spotify menjadi lebih efektif dan dapat mempengaruhi sikap, nilai, pendapat, dan perilaku seseorang.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Skripsi > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Delvy Aplirizani -
Date Deposited: 02 Aug 2023 08:04
Last Modified: 25 Jun 2024 03:27
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/8183

Actions (login required)

View Item View Item