POLA KOMUNIKASI ANTARA MANAJER ACCOUNTING DENGAN STAFF ACCOUNTING DALAM MEMBANGUN MOTIF BERPRESTASI (Pada PT Joinhed Nusantara di Jakarta)

Nirwani, Tamara Adzni (2023) POLA KOMUNIKASI ANTARA MANAJER ACCOUNTING DENGAN STAFF ACCOUNTING DALAM MEMBANGUN MOTIF BERPRESTASI (Pada PT Joinhed Nusantara di Jakarta). Bachelor thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
COVER.pdf

Download (828kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (106kB)
[img] Text
Bab 2.pdf

Download (534kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (315kB)
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (432kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (32kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pola komunikasi antara manajer Accounting dengan staff Accounting dalam membangun motif berprestasi. Dengan menggunakan Teori Motivasi David McClelland yang mengandung unsur yakni: (1) Motif Untuk Berprestasi (Need for Achievement); (2) Motif Untuk Berkuasa (Need for Power); (3) Motif Untuk Bersahabat (Need for Affiliation). Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan Fenomenologi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Dilihat dari need for achievement, Pola komunikasi yang dilakukan adalah dengan membangun motif berprestasi secara vertikal dan horizontal sehingga setiap karyawan dan manajer bisa saling bertukar informasi terutama untuk memotivasi karyawan agar berprestasi. Sedangkan dilihat dari need for power, ternyata karyawankaryawan yang memiliki motif berkuasa tidak lebih banyak daripada yang sekedar ingin berprestasi karena mereka menganggap jabatan dan kekuasaan akan datang jika prestasi kerja bagus. Dari unsur need for affiliation, pola komunikasi yang dilakukan antara manajer dan karyawan menunjukkan adanya upaya manajer meletakkan semua posisi sama sehingga satu dengan yang lain leluasa untuk berkomunikasi. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah melalui pola komunikasi yang dilakukan antara manajer dan karyawan menunjukkan adanya motif-motif yang digambarkan McClelland, tetapi motif berprestasi lebih terlihat dan dinyatakan dibanding motif untuk berkuasa. Saran peneliti adalah baik manajer maupun karyawan bisa terus menerus dapat membangun komunikasi yang lebih terpola sehingga setiap karyawan punya keinginan juga memiliki jabatan di perusahaan sambil meningkatkan prestasi kerjanya.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Skripsi > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Delvy Aplirizani -
Date Deposited: 02 Aug 2023 04:17
Last Modified: 24 Jun 2024 07:51
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/8169

Actions (login required)

View Item View Item