Safitri, Reski Elia (2023) FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEMANDIRIAN ANAK RETARDASI MENTAL USIA 7-12 TAHUN DI SLB N 11 JAKARTA SELATAN. Diploma thesis, Universitas Nasional.
Text
COVER.pdf Download (630kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (337kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Download (592kB) |
|
Text
BAB 3.pdf Download (538kB) |
|
Text
BAB 4.pdf Download (482kB) |
|
Text
BAB 5.pdf Download (307kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (980kB) |
Abstract
Latar belakang : Menurut WHO, prevalensi retardasi mental mencapai 450 juta di dunia. Oleh sebab keterlambatan intelegensi, anak retardasi mental tidak mampu melakukan aktivitas pemenuhan kebutuhan diri sendiri dan dikatakan tidak mandiri. Faktor-faktor yang mempengaruhi kemandirian anak retardasi mental adalah jenis kelamin, usia, pendidikan, dan pola asuh orang tua. Tujuan : Mengetahui faktor–faktor yang berhubungan dengan kemandirian anak retardasi mental usia 7-12 tahun di SLB Negeri 11 Jakarta Selatan. Metodologi : Penelitian ini menggunakan desain penelitian kuantitatif, dengan pendekatan crossectional. Responden pada penelitian ini sebanyak 46, dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Instrumen penelitian ini dengan menggunakan kuisioner. Data dianalisis menggunakan uji chi-square untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan antara faktor-faktor dengan tingkat kemandirian anak retardasi mental usia 7-12 tahun di SLB Negeri 11 Jakarta Selatan Hasil penelitian : Hasil pada penelitian ini menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara faktor usia, faktor pendidikan, dan faktor pola asuh dengan kemandirian anak retardasi mental yang mana nilai p value masing-masing adalah 0,002, 0,000 dan 0,001. Untuk faktor yang tidak berhubungan dengan kemandirian anak retardasi mental adalah faktor jenis kelamin dengan nilai p value 0,521. Kesimpulan : Faktor yang berhubungan dengan anak retardasi mental adalah usia, pendidikan dan pola asuh. Sedangkan untuk faktor yang tidak berhubungan dengan kemandirian anak retardasi mental adalah jenis kelamin. Saran : Diharapkan orangtua mampu memberikan pola asuh yang sesuai dengan karakteristik anak dan dapat mendorong perkembangan anak retardasi mental terutama pada kemandiriannya. Kata kunci : Anak Berkebutuhan Khusus, Jenis Kelamin, Kemandirian. Pendidikan, Pola Asuh, Retardasi Mental, Usia Kepustakaan : 41 Pustaka (2016-2022)
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General) B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Skripsi > Fakultas Ilmu Kesehatan > Program Studi Keperawatan |
Depositing User: | - Abdurrahman - |
Date Deposited: | 20 Jun 2023 07:41 |
Last Modified: | 20 Jun 2023 07:41 |
URI: | http://repository.unas.ac.id/id/eprint/6978 |
Actions (login required)
View Item |