Rusmana, Paramitha (2023) Efektifitas Penggunaan Aplikasi Duolingo Dalam Media Pembelajaran Bahasa Korea Pada Grup Chat Gongbu. Diploma thesis, Universitas Nasional.
Text
Cover.pdf Download (651kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (299kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Download (703kB) |
|
Text
BAB 3.pdf Download (762kB) |
|
Text
BAB 4.pdf Download (130kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (880kB) |
Abstract
Kosakata adalah hal terpenting yang perlu dikuasai oleh pembelajar ketika belajar bahasa asing. Namun pada kenyataannya masih ada pembelajar yang merasa kesulitan untuk menguasai kosakata, terutama dalam melafal dan mengartikan kosakata bahasa Korea. Kesulitan ini diduga karena kurangnya pengulangan kembali kosakata tersebut secara mandiri. Salah satu upaya untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menerapkan aplikasi Duolingo sebagai sarana pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan penggunaan aplikasi Duolingo dalam pembelajaran kosakata bahasa Korea. Penelitian ini menggunakan desain penelitian One Group Pretest Posttest. Sampel dalam penelitian ini merupakan grup chat yang diberi nama gongbu dan terdiri dari 20 orang pemelajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai mean atau rata-rata pretest dan posttest meningkat dari 62,10 menjadi 93,80. Berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh hasil nilai signifikansi < 0,05 atau 0,000 < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa H o ditolak dan H a diterima. Hasil analisis menunjukkan bahwa hasil belajar meningkat secara signifikan setelah diberi treatment atau perlakuan dengan menggunakan aplikasi Duolingo. Dengan demikian, penggunaan aplikasi Duolingo dinyatakan efektif untuk meningkatkan kemampuan Bahasa Korea dan dapat dijadikan sebagai media pembelajaran yang cocok digunakan oleh pembelajar bahasa Korea.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Skripsi > Fakultas Sastra > Program Studi Bahasa Korea |
Depositing User: | Miss Rahma Rahmawati |
Date Deposited: | 16 Jun 2023 07:49 |
Last Modified: | 16 Jun 2023 07:49 |
URI: | http://repository.unas.ac.id/id/eprint/6833 |
Actions (login required)
View Item |