CONSTANTIA, GABRIELLA (2023) THE MUKBANG PHENOMENON ON STRESS LEVELS AND EATING BEHAVIORS OF TANBOY KUN SUBSCRIBERS IN DKI JAKARTA. Diploma thesis, Universitas Nasional.
Text
COVER.pdf Download (314kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (314kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Download (361kB) |
|
Text
BAB 3.pdf Download (422kB) |
|
Text
BAB 4.pdf Download (26kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (443kB) |
Abstract
Mukbang adalah salah satu budaya Korea yang sangat populer di Indonesia. Mukbang berasal dari bahasa Korea (먹방) yang merupakan singkatan dari “먹는 방송” dan dikenal sebagai acara makan, atau siaran audiovisual online dimana pembawa acara mengkonsumsi berbagai jumlah makanan dan berinteraksi dengan penonton. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mencari pengaruh pada tingkat stress dan perilaku makan penonton video mukbang di channel YouTube Tanboy Kun saat sedang menonton video mukbang. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori SO-R (Stimulus, Organism, Response) oleh Hovland, Janis, dan Kelley. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan melakukan wawancara pada narasumber yang merupakan subscriber YouTube Tanboy Kun di DKI Jakarta. Hasil yang didapatkan pada penelitian ini adalah bahwa penonton video mukbang merasa lapar saat sedang menonton video mukbang di channel YouTube Tanboy Kun, mukbang mempengaruhi tingkat stress subscriber Tanboy Kun di DKI Jakarta dengan mengurangi stress penonton video mukbang, dan para penonton video mukbang di channel Tanboy Kun memiliki preferensi untuk menonton video mukbang yang menampilkan makanan pedas terutama yang berasal dari Korea. Kata kunci: Mukbang, Tanboy Kun, Stimulus, Organism, Response, Subscriber, YouTube
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > P Philology. Linguistics |
Divisions: | Skripsi > Fakultas Sastra > Program Studi Bahasa Korea |
Depositing User: | Miss Rahma Rahmawati |
Date Deposited: | 23 May 2023 08:22 |
Last Modified: | 23 May 2023 08:22 |
URI: | http://repository.unas.ac.id/id/eprint/6571 |
Actions (login required)
View Item |