ANALISIS KLASIFIKASI DATA ULASAN PENGGUNA MENGGUNAKAN RANDOM FOREST DAN SUPPORT VECTOR MACHINE

Meidy Santoso, Sekar Kesya (2025) ANALISIS KLASIFIKASI DATA ULASAN PENGGUNA MENGGUNAKAN RANDOM FOREST DAN SUPPORT VECTOR MACHINE. Bachelor thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (238kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (327kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (244kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (106kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

Dengan meningkatnya penggunaan aplikasi digital, jumlah ulasan pengguna juga semakin bertambah. Aplikasi JAKI (Jakarta Kini) berfungsi sebagai platform yang menghubungkan warga dengan berbagai layanan kota untuk meningkatkan kenyamanan dan efisiensi. Analisis sentimen ulasan pengguna menjadi penting untuk meningkatkan kualitas fitur dan pelayanan aplikasi. Penelitian ini mengevaluasi kinerja algoritma Random Forest dan Support Vector Machine (SVM) dalam mengklasifikasikan sentimen ulasan pengguna aplikasi JAKI menjadi kategori positif dan negatif. Data yang digunakan diperoleh melalui web scraping dari Google Play Store, yang mencakup 4506 ulasan dengan variabel seperti ID Ulasan, Nama Pengguna, Tanggal Ulasan, Rating, Isi Ulasan, dan Polarity. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa metode Random Forest memiliki akurasi 91.7%, presisi 95.4%, recall 91.4%, dan F1-score 93.4%. Sementara itu, Support Vector Machine (SVM) mencapai akurasi 92.6%, presisi 95.1%, recall 93.2%, dan F1-score 94.1%. Dengan hasil tersebut, SVM menunjukkan performa yang lebih unggul dalam klasifikasi sentimen ulasan pengguna aplikasi JAKI.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Skripsi > Fakultas Teknologi Komunikasi dan Informatika > Program Studi Sistem Informasi
Depositing User: Miss Rahma Rahmawati
Date Deposited: 15 Sep 2025 02:43
Last Modified: 15 Sep 2025 02:43
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/14099

Actions (login required)

View Item View Item