TRISNIASARI, YUNITA (2025) FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PERKEMBANGAN ANAK DI TK NURUL IMAN SEMPAN PEMALI KABUPATEN BANGKA. Bachelor thesis, UNIVERSITAS NASIONAL.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (459kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (600kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Download (562kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Download (574kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (446kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Latar Belakang: Perkembangan anak adalah periode kritis yang mempengaruhi masa depan anak, dimana stimulasi yang tepat sangat penting untuk perkembangan motorik, kognitif, bahasa, dan sosial. Meskipun demikian, prevalensi gangguan tumbuh kembang anak di Indonesia masih tinggi, dengan masalah seperti keterlambatan motorik, bahasa, dan gizi. Oleh karena itu, penting untuk memahami faktor-faktor yang berhubungan dengan perkembangan anak guna meningkatkan kualitas pendidikan dan stimulasi yang tepat. Tujuan: Untuk mengetahui hubungan antara tingkat pengetahuan, penggunaan gadget, pola asuh, kualitas tidur, status gizi dan status pekerjaan ibu dengan perkembangan anak di TK Nurul Iman Sempan Pemali Kabupaten Bangka. Metodologi: Penelitian ini menggunakan dekskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional. Sampel berjumlah 57 ibu yang anaknya bersekolah di TK Nurul Iman Sempan Pemali Kabupaten Bangka dengan teknik purpossive sampling. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu alat timbang berat badan, alat ukur tinggi badan, dan kuesioner. Analisis bivariat menggunakan uji chi-square. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang bermakna antara penggunaan gadget (p=0,025, OR=9,333), kualitas tidur (p=0,006, OR=10,364), dan status pekerjaan ibu (p=0,017, OR=7,407) dengan perkembangan anak dengan p-value < 0,05. Variabel lainnya menunjukkan bahwa tidak ada hubungan yang bermakna antara tingkat pengetahuan (p=0,658), pola asuh (p=0,090), dan status gizi (p=0,211) dengan perkembangan anak dengan p-value > 0,05. Simpulan dan Saran: Penggunaan gadget, kualitas tidur, dan status pekerjaan ibu dapat berdampak terhadap perkembangan anak. Untuk itu, diharapkan penelitian ini dapat menjadi acuan dalam merancang kebijakan, program edukasi, dan strategi intervensi yang lebih baik bagi perkembangan anak, baik dari sisi orang tua, masyarakat, maupun instansi terkait. Kata Kunci: Kualitas tidur, penggunaan gadget, perkembangan, pola asuh, status gizi, status pekerjaan, tingkat pengetahuan. Kepustakaan : 62 Pustaka (1995-2024).
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > R Medicine (General) |
Divisions: | Skripsi > Fakultas Ilmu Kesehatan > Program Studi Bidan Pendidik |
Depositing User: | Miss Rahma Rahmawati |
Date Deposited: | 16 Jul 2025 07:57 |
Last Modified: | 16 Jul 2025 07:57 |
URI: | http://repository.unas.ac.id/id/eprint/13727 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |