Aprilia, Natasya Dwi (2025) “EFEKTIVITAS PELAYANAN KEPENDUDUKAN BERBASIS DIGITAL DI KECAMATAN TAPOS KOTA DEPOK TAHUN 2024”. Bachelor thesis, Universitas Nasional.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (550kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (326kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (269kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Download (172kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Download (919kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (157kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Download (497kB) |
Abstract
Penelitian ini mengkaji efektivitas pelayanan kependudukan berbasis digital di Kecamatan Tapos, Kota Depok pada tahun 2024. Adapun penelitian ini bertujuan untuk memberikan Gambaran yang jelas mengenai efektivitas layanan website silondo bermula berdasarkan perspektif Masyarakat dan petugas layanan. Pelayanan ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data dikumpulkan melalui Teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi langsung dikantor pelayanan dan dokumentasi. Teori efektivitas menurut Duncan dalam Steers (1985) digunakan sebagai kerangka analisis untuk mengidentifikasi dimensi pencapaian tujuan, dimensi integrasi, dan dimensi adaptasi. Analisis data menghasilkan temuan terkait 3 dimensi efektiviras pelayanan kependudukan berbasis digital di Kecamatan Tapos. Dimensi pencapaian tujuan, dimana tujuan diluncurkannya website silondo bermula telah sesuai dengan tujuan yaitu untuk mempermudah Masyarakat dalam mengakses layanan kependudukan. Dimensi integrasi, dimana dalam sudah terintegrasi data dengan system layanan kependudukan ini, namu beberapa informan mengatakan bahwa masih adanya mengalami kesulitan dalam penggunaan website silondo bermula. Dimensi adaptasi, dimana masih adanya kesenjangan dalam mengakses website silondo bermula ini. Penelitian ini menunjukkan bahwa pelayanan kependudukan berbasis digital berjalan secara efektif hal ini didukung karena dimensi pencapaian tujuan dan dimensi integrasi dapat dikatakan sudah sesuai dengan tujuan dibuatnya website silondo bermula dan integrasi data telah mempermudah layanan kependudukan namun pada dimensi adaptasi terdapat kelemahan. Namun dimensi pencapaian tujuan dan integrasi tetap mendukung pelayanannya secara efektiv
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | J Political Science > JC Political theory L Education > L Education (General) |
Divisions: | Skripsi > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Administrasi Negara |
Depositing User: | Miss Rahma Rahmawati |
Date Deposited: | 08 Jul 2025 07:39 |
Last Modified: | 10 Jul 2025 07:06 |
URI: | http://repository.unas.ac.id/id/eprint/13602 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |