Asmayulianti, Maylia (2024) FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT (PHBS) PADA SISWA SMP KAB. TANGERANG. Bachelor thesis, Universitas Nasional.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (369kB) |
![]() |
Text
BAB 2.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB 3.pdf Download (424kB) |
![]() |
Text
BAB 4.pdf Download (433kB) |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Download (322kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN .pdf Download (3MB) |
Abstract
Latar Belakang: Secara nasional bahwa proporsi individu yang ber-PHBS baik belum mencapai setengah (41,3%). Tertulis bahwa di Kabupaten Tangerang memiliki PHBS masyarakat masih rendah terutama olahraga (10.09%), penggunaan jamban sehat (15,74%) mengkonsumsi makanan seimbang (23,5%) dan tidak merokok didalam ruangan (23,5%). Tujuan: Pe.ne.litian ini bertujuan untuk me.nge.tahui Faktor-faktor yang be.rhubungan de.ngan pe.rilaku hidup be.rsih dan se.hat (PHBS) pada siswa Se.kolah SMP PGRI 338 Sindang Sono. Metodelogi: Metode penelitian ini menggunakan kuantitatif. Sampel dalam penelitian berjumlah 89 responden. Dan Teknik pengambilan populasi menggunakan kriteria inklusi dan ekslusi sebanyak 64 responden. Instrumen penelitian ini menggunakan kertas kuesioner tentang PHBS. Data dianalisis menggunakan descriptive statistik dan uji Chi square. Hasil Penelitian: Diketahui bahwa responden yang memiliki PHBS baik sebanyak 32 (50,0%). Dan PHBS kurang baik sebanyak 32 (50,0%). Responden yang memiliki pengetahuan kurang sebanyak 29 (45,3%), Pengetahuan cukup sebanyak 24 (37,5%) sedangkan pengetahuan baik sebanyak 11 (17,2%). Lalu 34 (53,1%) responden memiliki ketersediaan sarana dan prasarana yang kurang baik, dan 30 (46,9%) memiliki ketersediaan sarana prasarana baik. Dan peran guru baik 42 (65,6%) sedangkan peran guru kurang baik sebanyak 22 (34,4%). Ada hubungan signifikan antara tingkat pengetahuan dengan PHBS hasil p-Value (0,019), lalu ada hubungan signifikan antara ketersediaan sarana prasarana dengan PHBS hasil p-Value (0,045), dan tidak ada hubungan signifikan antara peran guru dengan PHBS karena p-Value (1,000). Simpulan: Dari hasil penelitian masih banyak pengetahuan siswa yang belum mengetahui apa itu pelaksaan PHBS dan bagaimana menerapkan PHBS. Saran: Diharapkan untuk pihak sekolah agar melakukan edukasi untuk meningkatkan pengetahuan siswa dan menyusun program bersama dalam rangka menggerakkan PHBS di sekolah.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > R Medicine (General) R Medicine > RT Nursing |
Divisions: | Skripsi > Fakultas Ilmu Kesehatan |
Depositing User: | Miss Rahma Rahmawati |
Date Deposited: | 03 Jun 2025 07:30 |
Last Modified: | 03 Jun 2025 07:30 |
URI: | http://repository.unas.ac.id/id/eprint/12835 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |