STRATEGI KOMUNIKASI PASAR JAYA DALAM MENYOSIALISASIKAN PENGGUNAAN KANTONG BELANJA RAMAH LINGKUNGAN DI PASAR MEDE JAKARTA SELATAN

Hawari, Mohamad Hanif (2023) STRATEGI KOMUNIKASI PASAR JAYA DALAM MENYOSIALISASIKAN PENGGUNAAN KANTONG BELANJA RAMAH LINGKUNGAN DI PASAR MEDE JAKARTA SELATAN. Bachelor thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
COVER.pdf

Download (433kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (338kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (218kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (198kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (146kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (808kB)

Abstract

Sampah plastik adalah jenis sampah anorganik, sampah plastik ini tidak dapat diurai begitu saja karena membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk mengurainya. Sulit terurainya sampah limbah plastik ini maka Pemprov DKI Jakarta mengeluarkan Pergub No.142 Tahun 2019 yang mengatur tentang penggunaan plastik sekali pakai, peraturan ini diberlakukan guna menekan jumlah timbunan limbah sampah plastik di DKI Jakarta, Pasar Mede merupakan pasar tradisonal dibawah pengelolaan Pasar Jaya yang juga terdampak dan wajib mentaati pergub no 142 tahun 2019. Sebab itu perlu adanya strategi komunikasi pasar jaya dalam mensosialisasikan penggunaan kantong belanja ramah lingkungan di pasar mede. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Penulis memfokuskan penelitian pada strategi komunikasi yang digunakan pasar jaya dalam mensosialisasikan penggunaan kantong belanja ramah lingkungan di pasar mede, yaitu Redundasi, Penyaluran, Teknologi Informasi, Persuasif, Edukatif, Obsesif. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dan diperoleh melalui wawancara secara mendalam , observasi dan dokumentasi pada Kepala Pasar Mede, Kasubag Pasar Mede, pedagang pasar mede dan pengunjung pasar mede. Hasil penelitian yang dilakukan oleh penulis, bahwa strategi komunikasi pasar jaya dalam mensosialisasikan penggunaan kantong belanja ramah lingkungan di pasar mede, dengan menggunakan teknik Redundasi, Penyaluran, Teknologi Informasi, Persuasif, Edukatif, Obsesif, berjalan dengan baik dimulai dari komunikaotrnya, pesan-pesan yang disampaikan, media yang digunakan serta sasaran yang dituju dan efek yang diharapkan berhasil dalam menekan penggunaan plastik sekali pakai dan beralih ke kantong belanja ramah lingkungan.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Divisions: Skripsi > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: - Abdurrahman -
Date Deposited: 25 Jun 2024 06:26
Last Modified: 25 Jun 2024 06:26
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/11343

Actions (login required)

View Item View Item