PENGARUH KONSUMSI AIR REBUSAN DAUN BINAHONG TERHADAP TEKANAN DARAH PADA WANITA LANSIA PENDERITA HIPERTENSI DI DESA MEKARSARI CIKAJANG GARUT

SULISTYOWATI, MEY (2024) PENGARUH KONSUMSI AIR REBUSAN DAUN BINAHONG TERHADAP TEKANAN DARAH PADA WANITA LANSIA PENDERITA HIPERTENSI DI DESA MEKARSARI CIKAJANG GARUT. Bachelor thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (475kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (526kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (496kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (491kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (402kB)
[img] Text
DAPUS-LAMPIRAN.pdf

Download (977kB)

Abstract

Latar belakang : Hipertensi menjadi penyebab kematian nomor satu di dunia dari tahun ke tahun. Kerusakan organ akibat komplikasi hipertensi akan bergantung pada besarnya peningkatan tekanan darah dan lamanya kondisi tekanan darah yang tidak terdiagnosis, serta tidak adanya pengobatan. Walaupun peranan obat antihipertensi sangat efektif dan dipercaya mampu menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi, namun penyakit hipertensi hingga saat ini belum dapat dikendalikan dengan optimal. Salah satu obat alternatif untuk mengatasi hipertensi adalah daun binahong (Anredera cordifolia). Tujuan : Untuk mengetahui pengaruh konsumsi air rebusan daun binahong terhadap penurunan tekanan darah pada wanita lansia di Desa Mekarsari Kecamatan Cikajang Kabupaten Garut. Metode penelitian : Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian eksperimen dengan rancangan one-group pretest-postest desain. Populasi dalam penelitian ini adalah wanita lansia penderita tekanan darah tinggi (hipertensi) yang ada di Desa Mekarsari Cikajang Garut yang berjumlah 76 orang. Sampel pada penelitian ini berjumlah 30 orang yang diberikan air rebusan daun binahong sehari 2 kali pagi dan sore selama 7 hari sebanyak 300 cc. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Instrumen penelitian terdiri dari informed consent, dan lembar observasi. Data dianalisis menggunakan paired t test Hasil penelitian : Hasil tekanan darah sebelum konsumsi air rebusan daun binahong tekanan darah sistole sebesar 154 mmHg dan diastole sebesar 96 mmHg. Hasil tekanan darah setelah konsumsi air rebusan daun binahong tekanan darah sistole sebesar 146 mmHg dan diastole sebesar 87 mmHg. Terdapat pengaruh penurunan tekanan darah wanita lansia pada sistole dan diastole dengan nilai p value sistole : 0,000 < 0,05 dan diastole p value : 0,000 <0,005 Simpulan : Konsumsi rebusan daun binahong dapat menurunkan tekanan darah lansia. Saran : bagi penderita hipertensi di Desa Mekarsari Cikajang Garut agar terus melakukan penanganan hipertensi dengan menggunakan rebusan daun binahong sehingga hipertensi bisa ditanggulangi. Kata kunci : hipertensi, daun binahong, wanita lanjut usia Pustaka : 36 Pustaka (2001 – 2023)

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education > L Education (General)
R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Skripsi > Fakultas Ilmu Kesehatan > Program Studi Bidan Pendidik
Depositing User: Miss Rahma Rahmawati
Date Deposited: 10 Jun 2024 07:21
Last Modified: 10 Jun 2024 07:21
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/11064

Actions (login required)

View Item View Item