STRATEGI PENGEMBANGAN AGRO EDUKASI WISATA RAGUNAN,KECAMATAN PASAR MINGGU, JAKARTA SELATAN RAGUNAN TOURISM AGRO EDUCATION DEVELOPMENT STRATEGY, PASAR MINGGU DISTRICT, SOUTH JAKARTA

MUNANDAR, FAESAL (2024) STRATEGI PENGEMBANGAN AGRO EDUKASI WISATA RAGUNAN,KECAMATAN PASAR MINGGU, JAKARTA SELATAN RAGUNAN TOURISM AGRO EDUCATION DEVELOPMENT STRATEGY, PASAR MINGGU DISTRICT, SOUTH JAKARTA. Bachelor thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
COVER.pdf

Download (819kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (356kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (367kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (384kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (427kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (4MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor internal dan eksternal dalam mempengaruhi pengembangan Agro Edukasi Wisata Ragunan dan menganalisis alternatif strategi prioritas dalam pengembangan Agro Edukasi Wisata Ragunan. Penelitian ini telah dilaksanakan di Agro Edukasi Wisata Ragunan, Jakarta Selatan pada bulan November 2023 – Februari 2024. Metode penetapan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dan diambil sampel sebanyak 30 responden. Pengambilan data dilakukan dengan cara wawancara, pengamatan, studi kepustakaan dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan analisis SWOT. Berdasarkan hasil analisis matriks IFAS, kekuatan utama yang dimiliki adalah wisata edukasi gratis untuk pengunjung, fasilitas edukasi yang beragam, pemberian edukasi yang interaktif, lokasi yang strategis, inovasi teknologi pertanian dan kelemahan utamanya adalah minimnya peran SDM dalam pengelolaan, keterbatasan lahan, pemanfaatan media sosial yang kurang menarik, promosi yang kurang intensif dan minimnya fasilitas penunjang. Sedangkan hasil analisis matriks EFAS menunjukan peluang terbesar adalah kemitraan dengan pihak swasta sedangkan ancamannya adalah munculnya wisata edukasi baru, perubahan kebijakan pemerintah dan menurunnya pengunjung remaja hingga dewasa. Hasil analisis matriks QSPM, strategi pengembangan yang harus dilakukan oleh Agro Edukasi Wisata Ragunan adalah meningkatkan konten media sosial yang inovatif dengan kemajauan teknologi pertanian.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography
Divisions: Skripsi > Fakultas Pertanian > Program Studi Agroteknologi
Depositing User: Miss Rahma Rahmawati
Date Deposited: 21 May 2024 03:58
Last Modified: 21 May 2024 03:58
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/10998

Actions (login required)

View Item View Item