MAKNA DAN MITOS RAMEN INSTAN DALAM IKLAN ONE PIECE X NISSIN CUP NOODLES: HUNGRY DAYS

Rashid, Muhammad Iqbal (2024) MAKNA DAN MITOS RAMEN INSTAN DALAM IKLAN ONE PIECE X NISSIN CUP NOODLES: HUNGRY DAYS. Bachelor thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (632kB)
[img] Text
2. BAB 1.pdf

Download (476kB)
[img] Text
3. BAB 2.pdf

Download (349kB)
[img] Text
4. BAB 3.pdf

Download (1MB)
[img] Text
5. BAB 4.pdf

Download (310kB)
[img] Text
6. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (686kB)

Abstract

Iklan merupakan media yang sangat efektif untuk menyampaikan pesan, makna, atau maksud kelebihan suatu produk. Penelitian yang berjudul “Makna dan Mitos Ramen Instan dalam Iklan One Piece X Nissin Cup Noodles: Hungry Days” ini bertujuan mendeskripsikan mengenai makna denotatif dan makna konotatif untuk mengungkap mitos yang terdapat dalam iklan mi instan khas Jepang yaitu ramen dengan merek Nissin Foods pada seri iklan One Piece x Nissin Cup Noodles: Hungry Days. Iklannya terdiri dari Zoro Arc, Nami Arc, Vivi Arc, dan Summit Cavalry Fight Arc dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif, keempat iklan ini dianalisis menggunakan teori semiotika oleh Roland Barthes (1957). Hasil analisis menunjukkan bahwa dari seri iklan ini diperoleh makna denotatif perjalanan hidup karakter animasi One Piece pada saat mereka masih muda dan bersekolah di Jepang, yakni kalah dalam turnamen kendo, belajar di sekolah sembari melakukan part-time hingga burnout, dan persahabatan. Makna konotatif yang didapat dari iklan Nissin Cup Noodles, yakni (1) pantang menyerah bagi kalangan muda pada saat mereka terpuruk (2) pembangkit semangat pada saat kehilangan motivasi belajar dan bekerja di kalangan anak muda (3) lambang persahabatan pada masa muda dan (4) kebersamaan merupakan kunci untuk memenangkan pertandingan bagi anak muda. Dari makna-makna konotatif tersebut terungkap mitos bahwa Nissin Cup Noodles merupakan lambang pembangkit semangat dan kebersamaan bagi orang-orang muda di Jepang. Kedua hal ini merupakan nilai budaya Jepang yang ingin dihadirkan oleh pembuat iklan dalam keempat iklannya

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: K Law > K Law (General)
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Skripsi > Fakultas Sastra > Program Studi Sastra Jepang
Depositing User: Miss Rahma Rahmawati
Date Deposited: 16 May 2024 06:46
Last Modified: 16 May 2024 06:46
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/10984

Actions (login required)

View Item View Item