Zahra, Shifa Az (2024) PEMBERITAAN DITUTUPNYA FITUR TIKTOK SHOP DI APLIKASI TIKTOK PADA KOMPAS.COM (Analisis Framing Zhongdang Pan & Gerald M. Kosicki). Bachelor thesis, UNIVERSITAS NASIONAL.
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (710kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (718kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (659kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Download (3MB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (537kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pemberitaan ditutupnya fitur TikTok Shop di aplikasi TikTok pada media online Kompas.com. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan analisis framing Zhongdang Pan dan Gerald M. Kosicki sebagai salah satu metode untuk melihat bagaimana Kompas.com mengemas sebuah berita. Konsep yang digunakan dalam penelitian ini adalah berita, dan media online. Jenis penelitian ini menggunakan deskriptif dengan metode pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dokumentasi dan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 2 unsur di struktur skrip yang tidak dilengkapi dalam berita Kompas.com seperti where dan how. Kemudian, dalam struktur tematik tidak ada idiom yang disajikan dalam berita. Dari hasil tersebut peneliti menarik kesimpulan bahwa Kompas.com sebagian besar telah sesuai dengan metode analisis framing Zhongdang Pan dan Gerald M. Kosicki, dan Kompas.com lebih menyoroti terkait alasan jelas penutupan fitur TikTok Shop, dampak yang dirasakan affiliator dan pedagang di Pasar Tanah Abang, dan hal positif seperti alternatif yang dapat dilakukan oleh pedagang TikTok setelah TikTok Shop ditutup.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HF Commerce |
Divisions: | Skripsi > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Miss Yulia Zahra Yamini |
Date Deposited: | 25 Mar 2024 05:01 |
Last Modified: | 25 Mar 2024 05:01 |
URI: | http://repository.unas.ac.id/id/eprint/10390 |
Actions (login required)
View Item |