KOMUNIKASI BERDASARKAN SITUASI PUBLIK DALAM PENANGGULANGAN KELANGKAAN MINYAK GORENG MELALUI KEBIJAKAN PENDISTRIBUSIAN (Studi Pada Perum Bulog dalam Pendistribusian Minyak Goreng ‘KITA’ )

Rizkiansyah, Fadhly Akbar (2023) KOMUNIKASI BERDASARKAN SITUASI PUBLIK DALAM PENANGGULANGAN KELANGKAAN MINYAK GORENG MELALUI KEBIJAKAN PENDISTRIBUSIAN (Studi Pada Perum Bulog dalam Pendistribusian Minyak Goreng ‘KITA’ ). Diploma thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I .pdf

Download (155kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (357kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (182kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V .pdf

Download (29kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui komunikasi berdasarkan situasi publik perusahaan umum badan urusan logistik dalam penanggulangan kelangkaan minyak goreng melalui kebijakan pendistribusian. Teori yang digunakan adalah teori Situasional of the Publik dari Grunig yang terdapat 3 konsep spesifikasi khas publik dari stakeholder adalah berdasarkan perilaku dan efek komunikasi terdiri atas (1) apakah individu tahu dan menyadari tentang masalah yang terkait (2) apakah individu aktif mencari informasi atau pasif menerima informasi (3) apakah individu aktif menyampaikan opini atau tidak. Metode penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Hasil penelitian menunjukan bahwa perum bulog melakukan komunikasi publik dilihat dari (1) Individu tahu dan menyari tentang masalah yang terkait bahwa terlibatnya perum bulog dalam penanggunglangan kelangkaan minyak goreng dengan melakukan kebijakan pendistribusian. (2) apakah individu aktif mencari informasi atau pasif menerima informasi terlihat dari perum bulog mencari dan memberikan informasi kepada publik untuk membantu menstabilkan minyak goreng dipasaran. (3) apakah individu aktif menyampaikan opini atau tidak bahwa perum bulog menyampaikan opini kepada wartawan ataupun publik baik secara langsung maupun melalui media sosial. Kesimpulan dalam penelitian ini komunikasi berdasarkan situasi publik dalam kelangkaan minyak goreng melalui kebijakan pendistribusian telah melakukan komunikasi sesuai dengan teori situasional of the publik oleh Grunig. Saran dalam penelitian ini agar perum bulog lebih aktif dalam komunikasi berdasarkan situasi publik untuk mencari dan memberikan informasi terkini terhadap publik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Skripsi > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Miss Rahma Rahmawati
Date Deposited: 14 Nov 2023 03:10
Last Modified: 14 Nov 2023 03:10
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/8942

Actions (login required)

View Item View Item