SABRINA, ALISYA (2023) Inovasi Digitalisasi Pelayanan Publik Pada Aplikasi JakSehat Di Puskesmas Kecamatan Pasar Rebo Tahun 2023. Diploma thesis, Universitas Nasional.
Text
Cover.pdf Download (753kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (322kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Download (375kB) |
|
Text
BAB 3.pdf Download (296kB) |
|
Text
BAB 4.pdf Download (396kB) |
|
Text
BAB 5.pdf Download (150kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (651kB) |
Abstract
Pembaruan reformasi pemerintahan, khususnya transformasi pelayanan publik dari sistem tradisional ke sistem yang lebih modern tidak dapat dilepaskan dari perkembangan zaman. Indonesia mulai serius dalam menggarap konsep Revolusi Industri 4.0. Karena masih ditemukan penumpukan antrian pasien yang mengakibatkan panjang dan lamanya antrian Di Puskesmas Kecamatan Pasar Rebo. Pelayanan Publik adalah kegiatan atau rangkaian kegiatan dalam rangka pemenuhan kebutuhan pelayanan sesuai dengan peraturan perundang-undangan bagi setiap warga negara dan penduduk atas barang, jasa, dan/atau pelayanan administratif yang disediakan oleh penyelenggara pelayanan publik Peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan pemahaman fenomenasentral pemahaman fenomena, Menganalisa hasil temuan yang ada dan memodifikasi dengan teori yang ada menjelaskan tentang implikasi-implikasi hasil penelitian Inovasi Digitalisasi Pelayanan Publik Pada Aplikasi JakSehat Di Puskesmas Kecamatan Pasar Rebo Tahun 2023. Teori Inovasi menurut Everret M.Rogers (2020:16) Keuntungan Relatif(relative advantage) kegiatan inovasi berupa aplikasi JakSehat yang dilakukan oleh pasien dengan dibantu oleh staff bagian loket informasi. Staff yang bertugas menanyakan pasien ingin menuju ke poli apa agar bisa langsung resgistrasi antrian secara online Kesesuaian; Kesesuaian (compability) bahwa inovasi pelayanan berupa aplikasi sudah bagus karena semua proses resgistrasi dilakukan di satu aplikasi yang sudah terintegrasi dengan server Puskesmas Kecamatan Pasar Rebo bahkan puskesmas keluharan yang ada di wilayah Kecamatan Pasar Rebo; Kerumitan (complexity) staff dibagian loket dan informasi memang sudah diarahkan oleh atasan mereka untuk terjun langsung dalam inovasi aplikasi JakSehat; kemungkinan dicoba (triability) sosialisasi inovasi tersebut memang lebih gencar dilakukan di media sosial atau internet dengan menampilkan keunggulan yang menarik dan membuat masyarakat merspon dengan sangat baik; kemudahan diamati (observasibility) keterbukaan dalam proses pelayanan dan kemudahan untuk di akases dan di ikuti perkembanganya. masyarakat bisa mengamati secara langsung proses registrasi antrian online secara transparan atau keterbukaan terhadap publik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform |
Divisions: | Skripsi > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Administrasi Negara |
Depositing User: | Miss Rahma Rahmawati |
Date Deposited: | 13 Nov 2023 06:28 |
Last Modified: | 13 Nov 2023 06:28 |
URI: | http://repository.unas.ac.id/id/eprint/8915 |
Actions (login required)
View Item |