Adiputra, Ramadhani Arya (2023) STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA KERIPIK SINGKONG (Studi Kasus di Home Industry Keripik Singkong Kelurahan Cipedak, Kecamatan Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, DKI Jakarta). Diploma thesis, Universitas Nasional.
Text
COVER.pdf Download (484kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (221kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (494kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (554kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Download (683kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (198kB) |
|
Text
LAMPIRAN..pdf Download (2MB) |
Abstract
Singkong termasuk bahan pangan yang kaya akan karbohidrat, di Indonesia singkong dijadikan makanan pokok nomor tiga setelah padi dan jagung. Singkong sangat berarti dalam usaha penganekaragaman pangan penduduk, dan berfungsi sebagai bahan baku industri makanan serta bahan pakan ternak. Tanaman ini banyak terdapat di daerah tropis, khususnya negara Indonesia yaitu di daerah Jawa, Sumatra Selatan, dan Kalimantan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui faktor- faktor internal dan eksternal apa saja yang mempengaruhi pengembangan usaha keripik singkong dan mengidentifikasi strategi pengembangan usaha keripik singkong di home industry keripik singkong. Penelitian ini dilakukan pada usaha home industry keripik singkong di Cipedak, Kecamatan Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Provinsi DKI Jakarta. Dilaksanakan pada bulan Mei sampai dengan Juli 2023. Penentuan sampel pada penelitian ini yaitu menggunakan metode sampel acak sederhana (Simple random sampling) dan memperoleh sampel sebanyak 20 responden. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis matriks IFE, EFE, IE, SWOT dan juga QSPM. Hasil penelitian ini yaitu hasil analisis faktor-faktor internal yang dapat dipertimbangkan dalam pengembangan usaha keripik singkong yaitu sisi kekuatan yang dimiliki usaha keripik singkong ini adalah ketersediaan bahan baku yang mudah didapat dengan nilai skor 0,55, kelemahan yang dimiliki usaha keripik singkong ini adalah alat yang digunakan masih tradisional dengan nilai skor 0,53. Hasil analisis faktor-faktor eksternal yang dapat dipertimbangkan dalam pengembangan usaha keripik singkong yaitu sisi peluang yang dimiliki usaha keripik singkong ini adalah adanya kelompok usaha sebagai wadah untuk berkomunikasi dengan nilai skor 0,59, ancaman yang dimiliki usaha keripik singkong ini adalah adanya pesaing produk-produk makanan ringan lainnya dengan nilai skor 0,52. Berdasarkan analisis matriks QSPM, strategi pengembangan yang harus dilakukan oleh usaha keripik singkong ini adalah strategi S-O yaitu meningkatkan permintaan konsumen pada produk keripik singkong dengan melakukan diskusi kepada kelompok usaha sebagai wadah untuk berkomunikasi dan menemukan peluang-peluang kedepannya. Diharapkan usaha keripik singkong dapat membenahi semua kelemahan yang dimiliki usaha keripik singkong ini dan memanfaatkan semua potensi dari hasil penelitian ini untuk meningkatkan dan memajukan usaha untuk kedepannya. Saran penelitian ini yaitu sebaiknya usaha keripik singkong dapat meningkatkan permintaan konsumen pada produk keripik singkong dengan melakukan diskusi kepada kelompok usaha sebagai wadah untuk berkomunikasi dan menemukan peluang-peluang kedepannya.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Q Science > Q Science (General) S Agriculture > S Agriculture (General) |
Divisions: | Skripsi > Fakultas Pertanian > Program Studi Agroteknologi |
Depositing User: | Miss Rahma Rahmawati |
Date Deposited: | 19 Oct 2023 02:12 |
Last Modified: | 19 Oct 2023 02:12 |
URI: | http://repository.unas.ac.id/id/eprint/8345 |
Actions (login required)
View Item |