HUBUNGAN DURASI PENGGUNAAN GADGET DAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN INTERAKSI SOSIAL PADA ANAK USIA SEKOLAH DI SDI TELADAN AL HIDAYAH 1 JAKARTA SELATA

Yahya, Zahra Syahrudin (2023) HUBUNGAN DURASI PENGGUNAAN GADGET DAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN INTERAKSI SOSIAL PADA ANAK USIA SEKOLAH DI SDI TELADAN AL HIDAYAH 1 JAKARTA SELATA. Bachelor thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
COVER.pdf

Download (968kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (456kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (494kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (523kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (557kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (312kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Latar Belakang: Penggunaan gadget saat ini sudah sangat tidak asing di kalangan anak-anak, berbagai aplikasi dapat diakses dengan mudah. Dalam mengatur penggunaan gadget pada anak peran pola asuh orang tua sangat dibutuhkan dan berperan penting. Dampak dalam penggunaan gadget pun beragam seperti anak akan merasa asik sendiri dan merasa tidak perlu bermain dengan teman sebayanya. Sehingga menyebabkan kegagalan interaksi sosial bagi anak dan anak lebih senang menyendiri. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa Hubungan Durasi Penggunaan Gadget dan Pola Asuh Orang Tua dengan Interaksi Sosial pada Anak Usia Sekolah di SDI Teladan Al-Hidayah 1 Jakarta Selatan. Metodologi: Penelitian ini diambil dengan metode survey atau pengumpulan data dengan cara pendekatan cross sectional. Jumlah sampel pada penelitian ini adalah 73 responden. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner yang sebelumnya telah di uji validitas dan reliabilitas. Data di analisis menggunakan Chi Square untuk mengetahui hubungan antara durasi penggunaan gadget dengan interaksi sosial dan hubungan pola asuh orang tua dengan interaksi sosial. Hasil Penelitian: Hasil penelitian menunjukan tidak ada hubungan durasi penggunaan gadget dan interaksi sosial pada anak usia sekolah dengan nilai p-value 0,539 (p > 0,05). Dan tidak ada hubungan pola asuh orang tua dengan interaksi sosial dengan nilai p-value 0,929 (p > 0,05). Kesimpulan: Tidak adanya hubungan antara dua variabel durasi penggunaan gadget dengan nteraksi sosial. Maupun pola asuh orang tua dengan interaksi sosial. Saran: Diharapkan penggunaan gadget di kalangan anak sekolah dapat lebih di perhatikan dengan membatasi jam penggunaannya maupun aksesnya. Sehingga tidak mengganggu interaksi sosial pada anak.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Skripsi > Fakultas Ilmu Kesehatan > Program Studi Keperawatan
Depositing User: - Abdurrahman -
Date Deposited: 03 Aug 2023 06:43
Last Modified: 25 Jun 2024 04:18
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/8219

Actions (login required)

View Item View Item