REPRESENTASI FEMINITAS PADA IKLAN SUPLEMEN RAMBUT MEREK PANTENE DI YOUTUBE (ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHES PADA IKLAN SUPLEMEN RAMBUT MEREK PANTENE VERSI ”BYE #RAMBUTCAPE HELLO #RAMBUTKECHARGED”)

Revinda, Gitna Hega (2023) REPRESENTASI FEMINITAS PADA IKLAN SUPLEMEN RAMBUT MEREK PANTENE DI YOUTUBE (ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHES PADA IKLAN SUPLEMEN RAMBUT MEREK PANTENE VERSI ”BYE #RAMBUTCAPE HELLO #RAMBUTKECHARGED”). Diploma thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
COVER.pdf

Download (839kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (681kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (366kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (158kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (670kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (142kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Berdasarkan latar belakang dimana dunia periklanan saat ini menggunakan media sosial dalam melakukan periklanan. Salah satu iklan yang terviral diaplikasi YouTube yaitu iklan suplemen rambut Pantene. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis representasi feminitas yang ada pada iklan suplemen rambut Pantene. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori semiotika Roland Barthes dan teori konstruksi realitas sosial Peter L. Berger dan Thomas Luckman. Dalam penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Data yang digunakan berasal dari analisis dan dokumentasi dengan mengambil adegan atau dialog yang mencerminkan feminitas yang ada dalam iklan suplemen rambut Pantene. Feminitas yang menajadi acuan yaitu berdasarkan ciri feminitas, yaitu: 1) Gaya bicara, dimana dalam menyampaikan dialognya telent pria menggunakan intonasi suara melengking atau tinggi dan lembut yang mengarah kepada feminitas. 2) Adegan, dalam iklan menggambarkan feminitas seperti adegan ketika memainkan rambut, adegan melakukan perawatan rambut, dan adegan menata rambut yang diperagakan oleh telent pria. 3) Penampilan, dalam iklan penampilan telent pria mengarah kepada feminitas dilihat dari telent pria yang memiliki rambut panjang, dan penggunaan make up. 4) Sosial (Senang Berkumpul Dengan Wanita), dalam iklan ini terdapat dua adegan yang menunjukan telent pria sedang berkumpul bersama dengan teman teman wanitanya dengan latar cafe dan dalam kamar. Dalam konstruksi realitas sosial iklan ini dinilai tidak relevan dengan kehidupan sosial dimasyarakat Indonesia. Dari hasil analisis yang diperoleh dari iklan suplemen rambut Pantene versi Bye #RambutCape Hello #RambutkeCharged ini menggambarkan feminitas dalam iklannya dengan penggambaran melalui adegan, penampilan, latar sosial, dan nada suara yang dilakukan oleh telent pria. Kata Kunci: Representasi, Feminitas Pada Iklan,Suplemen Rambut Pantene, Semiotika.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
H Social Sciences > HF Commerce
Divisions: Skripsi > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: - Abdurrahman -
Date Deposited: 04 Jul 2023 03:57
Last Modified: 04 Jul 2023 03:57
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/7305

Actions (login required)

View Item View Item