PEMANFAATAN AKUN AUTOBASE PADA APLIKASI TWITTER SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI KOMUNITAS K-POP STAY (Studi pada akun @thestorykids)

Danya, Devita (2023) PEMANFAATAN AKUN AUTOBASE PADA APLIKASI TWITTER SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI KOMUNITAS K-POP STAY (Studi pada akun @thestorykids). Diploma thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
COVER - DAFTAR ISI.pdf

Download (547kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (249kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (316kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (275kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (166kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA - LAMPIRAN.pdf

Download (762kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pemanfaatan akun autobase pada aplikasi Twitter sebagai media komunikasi komunitas K-Pop STAY pada akun @thestorykids. Dengan menggunkan teori media baru dari Dennis McQuail yang tediri atas adanya (1) penggunaan internet yang berbasis teknologi, dan berkarakter fleksibel, serta interaktif. (2) berfungsi secara privat maupun publik, (3) berbagi informasi, gagasan, pengalaman, serta mengembangkan pribadi aktif. Menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus eksplanasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media baru dalam autobase @thestorykids dilihat dari unsur penggunaan internet yang berbasis teknologi, berkarakter fleksibel dan interaktif autobase @thestorykids memanfaatkan teknologi yang ada serta jaringan internet, tweet yang ada bisa direspon dimana saja, dan kapan saja sehingga timbul interaksi di dalamnya. Sedangkan dilihat dari unsur berfungsi secara privat maupun publik autobase @thestorykids dapat digunakan untuk mengirim pesan yang bersifat privat karena dikirim melalui direct message yang nantinya akan otomatis terkirim secara anonim dan akan di tweet ke publik. Dilihat dari unsur ketiga berbagi informasi dan gagasan serta pengalaman untuk mengembangkan pribadi aktif autobase @thestorykids mampu menjadi wadah untuk para STAY dalam berbagi informasi, gagasan, pengalaman dan untuk mengembangkan pribadi aktif. Kesimpulannya bahwa autobase @thestorykids telah memanfaatkan akun media sosialnya sesuai dengan prinsip media baru dari Dennis Mcquail. Disarankan dalam penelitian selanjutnya tiap owner dan admin termasuk masyarakat yang memanfaatkan media baru dalam tindakan komunikasinya dapat mengembangkan pendekatan privat maupun publik dengan pendekatan yang lebih variatif, dilihat dari kepentingan yang terlihat dalam meningkatkan akun yang dimiliki, baik autobase, maupun fanbase.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4050 Electronic information resources
Divisions: Skripsi > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Delvy Aprilizani -
Date Deposited: 23 Jun 2023 03:23
Last Modified: 23 Jun 2023 03:23
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/7083

Actions (login required)

View Item View Item