PENGARUH INTENSITAS PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TWITTER TERHADAP PENGUNGKAPAN DIRI MASYARAKAT DEWASA AWAL (18 - 24 TAHUN)

Salsabila, Annisa Syafira (2023) PENGARUH INTENSITAS PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TWITTER TERHADAP PENGUNGKAPAN DIRI MASYARAKAT DEWASA AWAL (18 - 24 TAHUN). Diploma thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
COVER.pdf

Download (843kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (943kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (429kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (329kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (409kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (144kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh antara intensitas penggunaan media sosial Twitter terhadap pengungkapan diri masyarakat dewasa awal (18 – 24 tahun) di Kota Depok dengan menggunakan Teori Uses and Effects yang dipublikasikan oleh Sven Windahl tahun 1979. Teori ini mengasumsikan terkait bagaimana penggunaan media dan isinya dapat memberikan efek terhadap seseorang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan antara intensitas penggunaan media sosial Twitter terhadap pengungkapan diri masyarakat dewasa awal (18-24 tahun) di Kota Depok sebesar 50.2%. Hubungan yang terbentuk dikatakan kuat dan positif karena r hitung 0.708 > r tabel 0.195. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa jika nilai intensitas penggunaan media sosial bernilai 0, maka nilai pengungkapan diri akan menurun sebesar -6.454. Apabila intensitas penggunaan media sosial Twitter ditingkatkan setiap satuan, maka pengungkapan diri akan bertambah sebesar 1.188. Maka dapat disimpulkan bahwa intensitas penggunaan media sosial Twitter memberikan pengaruh yang kuat dan signifikan terhadap pengungkapan diri masyarakat dewasa awal di Kota Depok. Adapun efek yang ditimbulkan berupa model konsefek (conseffect) yang dipengaruhi dari sifat isi atau informasi yang disampaikan serta durasi dan frekuensi penggunaan media sosial Twitter. Informasi yang diungkapkan oleh 100 responden juga berada pada wilayah terbuka (open area) yang di dalamnya berisi informasi umum atau tidak private. Informasi yang disampaikan berupa peluapan pikiran dan perasaan baik berupa amarah, kebahagiaan, pengalaman buruk, dan kisah percintaan yang disampaikan secara umum bukan terperinci. Hal ini dlakukan guna mengurangi dan meredakan beban pikiran dan perasaan. Sarannya, diharapkan pengguna media sosial Twitter dapat memanfaatkan Twitter dengan sebaik mungkin dan dapat berinteraksi dengan membagikan informasi yang senantiasa bernilai positif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Skripsi > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Miss Rahma Rahmawati
Date Deposited: 21 Jun 2023 06:17
Last Modified: 21 Jun 2023 06:17
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/7020

Actions (login required)

View Item View Item