PENGELOLAAN APLIKASI GOOGLE CLASSROOM SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI GURU DAN SISWA SMK BUNDA KANDUNG DALAM PEMBELAJARAN DARING

Najib, Najib (2023) PENGELOLAAN APLIKASI GOOGLE CLASSROOM SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI GURU DAN SISWA SMK BUNDA KANDUNG DALAM PEMBELAJARAN DARING. Diploma thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
Cover (Cover, Lembar Penunjang, Abstrak, Kata Pengantar, Daftar Isi).pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (536kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (907kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (530kB)
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (766kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (311kB)
[img] Text
LAMPIRAN (Daftar Pustaka, lampiran-lampiran, lembar awal hasil turnitin).pdf

Download (2MB)

Abstract

Pembelajaran Dalam Jaringan merupakan suatu pembelajaran yang dilakukan semasa Pandemi Covid-19. Aplikasi Google Classroom adalah salah aplikasi yang menunjang pembelajaran dalam jaringan semasa Pandemi Covid-19. Dalam pengelolaannya sebagai media komunikasi Guru dan Siswa dalam pembelajaran daring tentunya aplikasi ini diharuskan mempunyai jaringan internet. Hal ini tentu dapat mempengaruhi proses pembelajaran yang sedang berjalan. Adapun tujuan dari penelitian ini yakni ialah untuk mengetahui pembelajaran daring menggunakan Aplikasi Google Classroom dapat berjalan efektif atau tidak dan mengetahui alasan Guru dan Siswa SMK Bunda Kandung dominan pengelolaan Aplikasi Google Classroom sebagai media pembelajarannya. Dalam penelitian ini, peneliti juga menggunakan metode kualitatif untuk mendeskripsikan data yang diperoleh kedalam bentuk kata-kata. Kemudian peneliti menggunakan jenis observasi partisipasi pasif yaitu observasi yang dilakukan dengan datang ke lokasi obyek yang diamati tanpa ikut terlibat kegiatan yang dilakukan. Dari hasil penelitian yang ada, penelitian ini menghasilkan temuan berupa kurangnya komunikasi ataupun interaksi antar Guru dan Siswa dalam proses pembelajaran yang berlangsung dan tidak efektifnya penggunaan Aplikasi Google Classrom dalam pembelajaran daring semasa Pandemi Covid-19. Diketahui bahwa ketidakefektifan pembelajaran daring menggunakan Google Classroom ini dikarenakan adanya hambatan dalam hal jaringan dan kuota internet serta kurangnya penjelasan akan materi yang disampaikan. Kata Kunci :Google Classroom, Media Komunikasi, Sekolah Menengah Kejuruan, Pembelajaran Dalam Jaringan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Skripsi > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: - Abdurrahman -
Date Deposited: 19 Jun 2023 06:58
Last Modified: 19 Jun 2023 06:58
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/6894

Actions (login required)

View Item View Item