INTERPRETASI LOGO BARU ANCOL TAHUN 2022 (ANALISIS SEMIOTIKA CHARLES SANDERS PEIRCE)

Chaerul, Avis Febry Putra (2023) INTERPRETASI LOGO BARU ANCOL TAHUN 2022 (ANALISIS SEMIOTIKA CHARLES SANDERS PEIRCE). Diploma thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
Cover (Cover, Lembar Penunjang, Abstrak, Kata Pengantar, Daftar Isi).pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (350kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (604kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (262kB)
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (898kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (156kB)
[img] Text
LAMPIRAN (Daftar Pustaka, Lampiran-lampiran, Lembar awal hasil turnitin).pdf

Download (648kB)

Abstract

Logo merupakan tanda atau simbol yang digunakan sebagai identitas, untuk menggambarkan citra dan karakter suatu perusahaan , lembaga atau organisasi. Logo merupakan salah satu hal yang penting dan melekat pada setiap perusahaan, biasanya perusahaan telah memiliki visi misi yang jelas dan logo yang ada menggambarkan visi misi tersebut. Semiotika merupakan studi tentang bagaimana memproduksi makna dan nilai-nilai yang ada dalam sebuah sistem komunikasi. Tanda dan simbol merupakan alat dan materi yang digunakan dalam interaksi. Ancol menjadi salah satu taman rekreasi yang besar di Indonesia. Pada tanggal 22 Juli 2022 Ancol telah mengumumkan secara resmi telah mengganti logo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui makna yang terkandung dalam Logo baru Ancol dengan menggunakan Analisis Semiotika Charles Sanders Pierce. Visualisasi warna biru laut pada logo baru Ancol tersebut dapat dikatakan sebagai qualisign, indeks, decisign, karena tanda tersebut dapat menunjukkan makna yang sesuai pada sifatnya yaitu tenang dan nyaman. Melalui logogram dengan perpaduan tiga buah tanda yang diantaranya sebagai gerbang, bintang laut, gapura yang cukup menjadi legisign, simbol, argument untuk diterima oleh khalayak. Dan melalui logotype dengan font sans serif yang terlihat minimalis serta memiliki kesan modern, bersahabat dan fleksibel. Dengan analisis semiotika yang dikemukakan oleh Charles Sanders Pierce logo baru dari Ancol menjadi lebih bermakna di mata masyarakat tidak hanya sekilas melihat logo baru Ancol tetapi juga memahami interpretasi yang ada didalam logo.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Skripsi > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Delvy Aprilizani -
Date Deposited: 08 May 2023 02:19
Last Modified: 16 Jun 2023 03:41
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/6514

Actions (login required)

View Item View Item