STRATEGI PEMBERITAAN WARUNG JURNALIS DALAM MENINGKATKAN FOLLOWERS MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM

Alamsyah, Fajar Nur (2022) STRATEGI PEMBERITAAN WARUNG JURNALIS DALAM MENINGKATKAN FOLLOWERS MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM. Diploma thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
Cover( Abstrak, Kata Pengantar, Daftar Isi) (FIX).pdf

Download (641kB)
[img] Text
BAB I (FIX).pdf

Download (363kB)
[img] Text
BAB II (FIX).pdf

Download (600kB)
[img] Text
BAB III (FIX).pdf

Download (217kB)
[img] Text
BAB IV (FIX).pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V (FIX).pdf

Download (119kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA, LAMPIRAN, TURNITIN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Menurut website We Are Social, pada awal 2022 penetrasi internet di Indonesia mencapai 73,7% dari total jumlah penduduk 277,7 juta. Waktu rata-rata penduduk Indonesia dalam menggunakan internet setiap hari ialah selama 8 jam 36 menit. Dari rata-rata waktu tersebut terdapat selama 3 jam 17 menit penduduk Indonesia menggunakan media sosial, maka dapat disimpulkan bahwa penduduk Indonesia sangat aktif menggunakan media sosial. Salah satu media sosial yang berkembang pesat di Indonesia ialah Instagram. Namun realitasnya masih banyak informasi hoax yang beredar dalam media sosial Instagram. Melihat fenomena tersebut, maka perlu adanya pemenuhan terhadap kebutuhan khalayak akan kebenaran pemberitaan, sehingga Jurnalisme Online berasumsi bahwa pemberitaan di media online harus akurat atau bersifat nyata. Warung Jurnalis menjadi salah satu media yang turut serta menggunakan Instagram dalam pemberitaan. Followers menjadi peran penting dalam ekosistem media sosial. Maka dari itu suatu media perlu memiliki strategi untuk terus meningkatkannya. Demikian tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi dan analisa pemberitaan media Warung Jurnalis dalam rangka meningkatkan followers melalui media sosial Instagram. Mengonstruksikan realitas penelitian, peneliti mengacu pada konsep yang relevan, antara lain Media Baru, Strategi Pemberitaan, Jurnalisme Online, dan ollowers. Adapun metodologi penelitian yang digunakan, yaitu Kualitatif Deskriptif dengan instrument pengumpulan data melalui Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Hasil penelitian Strategi Warung Jurnalis mengutamakan konten pemberitaan yang extreme. Menggunakan teknik blur gambar pada peristiwa-peristiwa yang bersifat kekerasan ataupun kejahatan. Menggunakan bahasa yang mudah dimengerti khalayak awam pada setiap pemberitaan. Mengutamakan keakuratan dalam pemberitaan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
P Language and Literature > PN Literature (General) > PN1990 Broadcasting
Divisions: Skripsi > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Delvy Aprilizani -
Date Deposited: 07 Oct 2022 07:44
Last Modified: 07 Oct 2022 07:44
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/5753

Actions (login required)

View Item View Item