Diba, Fara (2022) MODEL KOMUNIKASI DALAM SISTEM PEMBELAJARAN TATAP MUKA TERBATAS DI MASA PANDEMI COVID-19 (Studi Belajar Sosial di SMA 67 Jakarta Timur). Diploma thesis, Universitas Nasional.
Text
Cover (Cover, Lembar Penunjang, Abstrak, Kata Pengantar, Kata Pengantar, Daftar Isi).pdf Download (343kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (191kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (259kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (49kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Download (495kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (38kB) |
|
Text
Lampiran (Daftar Pustaka, Lampiran, Lembar awal hasil turnitin).pdf Download (362kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana model komunikasi dan inovasi sistem pembelajaran tatap muka terbatas pada siswa SMAN 67 Jakarta Timur dengan metode Blendid Learning pada masa pandemi. Teori yang digunakan pada penelitian ini menggunakan teori belajar sosial oleh Albert Bandura Tahun 1997 dengan konsep Asosiasi (Association), Peniruan (Imitation), Pembiasaan Merespon (Conditioning). Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Pengumpulan data yang dilakukan dengan wawancara secara dan observasi mendalam. Informan dalam penelitian ini terdapat tiga informan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dilihat dari Asosiasi (Association) adanya kesamaan pandangan antara orang tua, guru dan siswa mengenai model komunikasi pembelajaran yang harus dilakukan baik melalui online ataupun offline terutama dalam pemanfaatan teknologi applikasi Zoom, Google Meeet, hingga Quizizz. Dilihat dari Peniruan (Imitation) peran antara guru dan orang tua memiliki peran penting selama proses pembelajaran, terutama proses pembelajaran jarak jauh orang tua lebih banyak waktu untuk menjangkau proses belajar mengajar sedangkan guru hanya menjadi jembatan dalam proses pembelajaran jarak jauh. Dan dilihat dari konsep Pembiasaan Merespon (Conditioning) para guru memberikan rewards kepada para siswa yang aktif dalam memberikan jawaban ketika quiz berlangsung. Kesimpulan dari hasil penelitian menerapkan perpaduan model komunikasi online yang satu arah ke PTMT yang linier-interaksional dan konvergen dan menggunakan prinsip atau teori Belajar Sosial Albert Bandura pada konsep Asosiasi (Association), Peniruan (Imitation), Pembiasaan Merespon (Conditioning) pada SMAN 67 Jakarta Timur.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Skripsi > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Delvy Aprilizani - |
Date Deposited: | 07 Oct 2022 07:44 |
Last Modified: | 07 Oct 2022 07:44 |
URI: | http://repository.unas.ac.id/id/eprint/5751 |
Actions (login required)
View Item |