ANALISIS ASUHAN KEPERAWATAN MELALUI INTERVENSI PENGGUNAAN FIKSASI TRANSPARENT FILM DRESSING PADA KLIEN NY. L DAN NY. M DENGAN LUKA KANKER PAYUDARA DI WOCARE CENTER KOTA BOGOR

Apriliani, Amira (2024) ANALISIS ASUHAN KEPERAWATAN MELALUI INTERVENSI PENGGUNAAN FIKSASI TRANSPARENT FILM DRESSING PADA KLIEN NY. L DAN NY. M DENGAN LUKA KANKER PAYUDARA DI WOCARE CENTER KOTA BOGOR. Bachelor thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (173kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (297kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (291kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (190kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (153kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (725kB)

Abstract

Latar Belakang: Luka kanker merupakan luka stadium lanjut yang disebabkan karena infiltrasi sel kanker sehingga mengganggu proses pembukaan darah yang akan menimbulkan perfusi yang buruk menuju kulit, edema, dan nekrosis. Dalam hal ini, luka menjadi mudah terinfeksi sehingga menyebabkan lendir, cairan, darah dan bau yang tidak sedap. Fiksasi Transparent Film Dressing mampu menahan cairan sehingga mencegah inflamasi dan maserasi pada kulit. Selain itu, fiksasi Tranparent Film Dressing mendorong terbentuknya epitel pada tepi luka. Tujuan: Menganalisis asuhan keperawatan melalui intervensi penggunaan fiksasi Transparent Film Dressing pada Klien Ny. L dan Ny. M dengan luka kanker payudara di Klinik Wocare Kota Bogor. Hasil Penelitian: Terdapat perubahan luka pada kedua klien dengan penggunaan fiksasi Transparent Film Dressing dapat dilihat dari perubahan warna di sekitar luka dan peningkatan epitelisasi dari tepi luka. Selain itu, fiksasi ini dapat menampung eksudat luka sehingga mencegah terjadinya maserasi di sekitar luka. Simpulan dan Saran: Penggunaan fiksasi Transparent Film Dressing dapat mempermudah dan mempercepat penyembuhan luka. Perawatan luka harus diimbangi dengan manajemen nutrisi, faktor-faktor predisposisi penghambat penyembuhan luka, seperti radiasi dari kemoterapi, manajemen stress.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
R Medicine > RT Nursing
Divisions: Skripsi > Fakultas Ilmu Kesehatan > Program Studi Bidan Pendidik
Depositing User: Miss Rahma Rahmawati
Date Deposited: 06 Aug 2024 02:35
Last Modified: 06 Aug 2024 02:35
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/11443

Actions (login required)

View Item View Item