HUBUNGAN PENGGUNAAN GAWAI TERHADAP PERKEMBANGAN PERSONAL SOSIAL DAN ASPEK BAHASA PADA ANAK USIA PRASEKOLAH (4-6 TAHUN) DI TK AL-HIKMAH JAKARTA SELATAN

Prihatini, Sinta (2024) HUBUNGAN PENGGUNAAN GAWAI TERHADAP PERKEMBANGAN PERSONAL SOSIAL DAN ASPEK BAHASA PADA ANAK USIA PRASEKOLAH (4-6 TAHUN) DI TK AL-HIKMAH JAKARTA SELATAN. Bachelor thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (431kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (789kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (570kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (624kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (366kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pendahuluan : Pada masa usia prasekolah merupakan suatu bentuk proses perkembangan anak yang pasti mengalami perubahan personal sosial secara signifikan, dengan selalu megembangkan kemampuannya dalam bersosialisai dan juga bercakap dengan guru maupun teman sebaya. Dalam bersosialisasi dan bekomunikasi dengan bahasa yang jelas pada anak merupakan salah satu kemampuan yang perlu di kuasai, karena anak usia prasekolah berinteraksi dengan orang lain. Anak usia prasekolah yang menggunakan gawai nya dalam kehidupan sehari-harinya dalam frekuensi yang sering dan lama dapat mempengaruhi perkembangan personal sosial dan aspek bahasa yang tidak sesuai. Tujuan : Tujuan Penelitian ini untuk mengidentifikasi adanya hubungan penggunaan gawai terhadap perkembangan personal sosial dan aspek bahasa pada anak usia prasekolah (4-6 Tahun) di TK Al-Hikmah Jakarta Selatan. Metodologi : Metode Penelitian ini deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional. Teknik Pengambilan sampel menggunakan Total Sampling dengan hasil sampel 48 responden. Instrumen penelitian terdiri dari kuisioner penggunaan gawai dan Denver II. Data analisis menggunakan Uji Chi-Square untuk mengetahui hubungan penggunaan gawai terhadap perkembangan personal sosial dan aspek bahasa pada anak usia prasekolah (4-6 tahun) di Tk Al-Hikmah jakarta selatan. Hasil Penelitian : Hasil penelitian uji Chi-Square diperoleh nilai p value 0,000 < 0,05 yang menunjukkan bahwa perkembangan personal sosial dan aspek bahasa anak usia prasekolah (4-6 tahun) memiliki hubungan yang signifikan dengan penggunaan gawai. Simpulan : Ada hubungan yang signifikan antara Penggunaan gawai dengan perkembanagan personal sosial dan aspek bahasa pada anak usia pra sekolah (4-6 tahun di TK Al-Hikmah Jakarta Selatan. Saran : Diharapkan hasil penelitian mahasiswa dapat memahami dan mengenali hubungan penggunaan gawai terhadap perkembangan personal sosial dan aspek bahasa anak usia prasekolah (4-6 tahun) dan dapat mengurangi tingkat penggunaan gawai tinggi yang nanti akan berdampak pada perkembangan anak. Kata Kunci : Gawai, Perkembangan Personal Sosial, Aspek Bahasa, Anak Prasekolah Kepustakaan : 46 Pustaka (2014 – 2023)

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > L Education (General)
Divisions: Skripsi > Fakultas Ilmu Kesehatan > Program Studi Keperawatan
Depositing User: Delvy Aplirizani -
Date Deposited: 20 Mar 2024 07:10
Last Modified: 20 Mar 2024 07:10
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/10217

Actions (login required)

View Item View Item