KEKERASAN EKONOMI PADA UMKM GARMEN PASAR TANAH ABANG (Studi Kasus : Predatory Pricing (Pemangsa Harga) melalui TikTok Shop )

Amelia, Nerica (2024) KEKERASAN EKONOMI PADA UMKM GARMEN PASAR TANAH ABANG (Studi Kasus : Predatory Pricing (Pemangsa Harga) melalui TikTok Shop ). Bachelor thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
COVER.pdf

Download (804kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (503kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (574kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (389kB)
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (788kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (287kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai Kekerasan ekonomi yang terjadi pada UMKM garmen Pasar Tanah Abang dalam mekanisme Predatory Pricing melalui TikTok Shop dengan latar belakang adanya protes yang dilakukan oleh pedagang UMKM garmen di Pasar Tanah Abang akibat adanya fitur TikTok Shop di dalam sosial media TikTok dengan rumusan permasalahan yaitu bagaimana pola kekerasan ekonomi melalui Predatory Pricing dapat terjadi pada perdagangan dengan adanya aplikasi TikTok Shop terhadap UMKM garmen Pasar Tanah Abang dan faktorfaktor yang dapat mendorong adanya praktik Predatory Pricing. Tujuan dari penelitian ini untuk menjelaskan bagaimana pola kekerasan ekonomi melalui Predatory Pricing dapat terjadi pada perdagangan dengan adanya aplikasi TikTok Shop terhadap UMKM Garment Pasar Tanah Abang serta penjelasan terkait faktor pendorong adanya praktik Predatory Pricing. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif karena data penelitian bersifat deskriptif dengan menggunakan teknik purposive sampling untuk digunakan dalam menemukan informasi secara mendalam sesuai dengan keadaan di lapangan yaitu pada Pasar Tanah Abang dan TikTok Shop. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori Teknologi dan Ekonomi yang ditulis oleh Smelser yang berisikan tentang bagaimana teknologi dapat mempengaruhi situasi sosial dan ekonomi, serta teori Kekerasan oleh Johan Galtung yang berisikan bahwa kekerasan sebagai suatu bentuk kekuasaan yang merusak relasi sosial yang seharusnya bersifat harmonis. Hasil dari penelitian ini terdapat temuan bahwa faktor pendorong yang menyebabkan terjadinya praktik Predatory Pricing terjadi karena adanya inkonsistensi kebijakan pemerintah dalam mengatur antara perdagangan secara online dan konvensional, serta sistem penjualan atau promosi dan terakhir perbedaan penerapan harga jual antara TikTok Shop dan pedagang UMKM garmen di Pasar Tanah Abang. Keyword: Predatory Pricing, UMKM garmen, Pasar Tanah Abang, TikTok Shop

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Skripsi > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Miss Rahma Rahmawati
Date Deposited: 20 Mar 2024 02:17
Last Modified: 20 Mar 2024 02:17
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/10176

Actions (login required)

View Item View Item