HUBUNGAN KOMUNIKASI TERAPEUTIK PERAWAT TERHADAP TINGKAT KEPUASAN PASIEN POST OPERASI DI KAMAR BEDAH RS RESTU KASIH JAKARTA

Setyaningrum, Afrida (2024) HUBUNGAN KOMUNIKASI TERAPEUTIK PERAWAT TERHADAP TINGKAT KEPUASAN PASIEN POST OPERASI DI KAMAR BEDAH RS RESTU KASIH JAKARTA. Bachelor thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
COVER.pdf

Download (354kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (216kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (400kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (331kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (331kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (247kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Latar Belakang: Tingginya pertumbuhan industri rumah sakit di Indonesia membuat persaingan antar rumah sakit menjadi semakin tinggi yang mengharuskan rumah sakit untuk meningkatkan kualitas pelayanannya agar kepuasan pelanggan dapat meningkat. Untuk terus mempertahankan kualitas agar pasien merasa puas dengan pelayanan rumah sakit, perawat sebagai ujung tombak dalam memberikan pelayanan haruslah mampu menerapkan komunikasi terapeutik. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara komunikasi terapeutik perawat terhadap tingkat kepuasan pasien post operasi di kamar bedah RS Restu Kasih. Metodologi: Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain deskriptif korelatif melalui pendekatan cross sectional. Teknik pengambilan sampel adalah teknik purposive sampling dengan jumlah sampel 84 responden. Uji Statistik yang digunakan adalah chi-square. Instrument penelitian menggunakan kuesioner. Hasil Penelitian: Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan komunikasi terapeutik perawat terhadap tingkat kepuasan pasien post operasi. Hal tersebut dibuktikan dengan uji chi-square diperoleh nilai p-value=0,000 (p < 0,05). Kesimpulan: Ada hubungan yang signifikan antara komunikasi terapeutik perawat terhadap tingkat kepuasan pasien post operasi dengan di kamar bedah RS Restu Kasih (p-value<0,05). Saran: Diharapkan perawat selalu melakukan komunikasi terapeutik dalam melakukan asuhan keperawatan. Kata Kunci : Hubungan Komunikasi Terapeutik Perawat, Kepuasan Pasien Kepustakaan : 37 pustaka (2014-2023)

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
L Education > L Education (General)
Divisions: Skripsi > Fakultas Ilmu Kesehatan > Program Studi Keperawatan
Depositing User: Miss Rahma Rahmawati
Date Deposited: 19 Mar 2024 06:46
Last Modified: 19 Mar 2024 06:47
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/10145

Actions (login required)

View Item View Item