Rahmaputri, Rayhana (2025) POLA INTERAKSI GURU DENGAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (STUDI KASUS SEKOLAH PURBA ADHIKA JAKARTA). Diploma thesis, Universitas Nasional.
|
Text
COVER .pdf Download (604kB) |
|
|
Text
BAB I .pdf Download (149kB) |
|
|
Text
BAB II .pdf Download (298kB) |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (213kB) |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (423kB) |
|
|
Text
BAB V .pdf Download (113kB) |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Pola interaksi sosial yang berlangsung di sekolah menjadi pondasi kuat dalam proses perkembangan anak berkebutuhan khusus. Interaksi yang terjadi antara guru dengan siswa berkebutuhan khusus memiliki budaya, norma, dan bahasa yang berbeda dari sekolah pada umumnya. Emosi, ekspresi wajah, dan gestur tubuh menjadi simbol yang penting dalam membangun interaksi dengan siswa berkebutuhan khusus. Pembentukan simbol tersebut memiliki makna yang tercipta dari proses pendekatan antara guru dengan siswa berkebutuhan khusus. Penelitian ini menganalisis bagaimana pola interaksi guru dengan siswa berkebutuhan khusus dan apa faktor yang mempengaruhi pola interaksi terhadap perkembangan kognitif dan sosial siswa berkebutuhan khusus. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori interaksionisme simbolik milik George Herbert Mead, yang menghubungkan simbol dan makna dengan konsep mind, self, society. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus, yang pengumpulan datanya dilakukan melalui observasi dan wawancara kepada guru, siswa, orang tua di lingkungan Sekolah Purba Adhika Jakarta. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa interaksi dan pendekatan yang tercipta dilakukan melalui metode klasikal dan individual, yang membentuk pola interaksi dua arah antara guru dengan siswa berkebutuhan khusus. Pendidikan, guru dan orang tua memiliki peran penting dalam membiasakan siswa berkebutuhan khusus berinteraksi dengan orang lain untuk membangun perkembangan kognitif dan sosialnya.
| Item Type: | Thesis (Diploma) |
|---|---|
| Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HM Sociology |
| Divisions: | Skripsi > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi |
| Depositing User: | Irna Irna Yunita |
| Date Deposited: | 18 Dec 2025 06:27 |
| Last Modified: | 18 Dec 2025 06:27 |
| URI: | https://repository.unas.ac.id/id/eprint/14707 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
