PELAKSANAAN SISTEM ADMINISTRASI E-OPEN PADA PELAYANAN KEPENDUDUKAN DISDUKCAPIL KOTA BEKASI

Affifah, Epi (2024) PELAKSANAAN SISTEM ADMINISTRASI E-OPEN PADA PELAYANAN KEPENDUDUKAN DISDUKCAPIL KOTA BEKASI. Bachelor thesis, UNIVERSITAS NASIONAL.

[img] Text
Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (842kB)
[img] Text
Bab 2.pdf

Download (644kB)
[img] Text
Bab 3.pdf

Download (502kB)
[img] Text
Bab 4.pdf

Download (959kB)
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (373kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan sistem administrasi melalui E-Open yang dilaksanakan oleh “Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil” ataupun terkemuka juga melalui Disdukcapil yang berada pada Kota Bekasi. Bisa ditinjau melalui dimensi Komunikasi, Sumber Daya, Disposisi beserta Struktur Birokrasi. Dalam terciptanya aplikasi ini termasuk usaha yang diberikan Pemerintah Bekasi dalam menciptakan peningkatan mutu layanan pengelolaan kependudukan beserta meringankan masyarakat dalam memenuhi segala keperluan warga. Warga Bekasi kini bisa memanfaatkan aplikasi E-Open untuk mengelola kependudukannya. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Informan berjumlah 7 orang yang terdiri dari Sekretaris Dinas, Koordinator aplikasi E-Open beserta penduduk umum yang menggunakan aplikasi E-Open untuk mendaftarkan administrasi kependudukan. Sumber data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh secara langsung dari informan dan data sekunder yang diperoleh dari dokumen-dokumen yang berkaitan melalui permasalahan yang nantinya dikaji. Hasil penelitian menampilkan bahwasannya Implementasi Sistem Administrasi E-Open Dalam Pelayanan Kependudukan Disdukcapil Kota Bekasi yang ditinjau atas dimensi Komunikasi, Sumber daya, Disposisi, Struktur Birokrasi bisa dikatakan baik namun belum cukup optimal. Permasalahan tersebut disebabkan masih adanya faktor yang menghambat dalam pelaksanaan sistem pendaftaran kependudukan melalui E-Open ini dalam Disdukcapil yang berada pada Kota Bekasi yakni kurang menyeluruh terkait sosialisasi dan komunikasi nya ke masyarakat, sumber daya nya masih kurang dalam pelaksanaan E-Open ini, terkait jaringan atau aplikasi sering bermasalah, masyarakat masih sering mengalami kendala dalam menggunakan aplikasi E-Open untuk mendaftarkan kependudukan.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Skripsi > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Miss Yulia Zahra Yamini
Date Deposited: 14 Mar 2024 07:00
Last Modified: 14 Mar 2024 07:00
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/9856

Actions (login required)

View Item View Item