TINGKAT PEMAHAMAN PENGGUNAAN TATA BAHASA GEODEUN MAHASISWA TAHUN KETIGA DAN TAHUN KEEMPAT

Dinda, Restu Putri (2024) TINGKAT PEMAHAMAN PENGGUNAAN TATA BAHASA GEODEUN MAHASISWA TAHUN KETIGA DAN TAHUN KEEMPAT. Bachelor thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
COVER.pdf

Download (832kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (439kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (588kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (522kB)
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (235kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (319kB)

Abstract

Dalam bahasa Korea terdapat beberapa tata bahasa yang memiliki lebih dari dua fungsi. Salah satunya adalah tata bahasa -geodeun [-거든]. Tata Bahasa -geodeun [-거든] memiliki makna ‘karena’, ‘kalau’, dan ‘untuk memperkenalkan topik’. Namun, pemelajar sendiri masih memiliki kesulitan untuk memahami fungsi yang ‘karena’. Hal ini dikarenakan banyaknya tata bahasa lain yang memiliki fungsi ‘karena’. Tata Bahasa ini dirasa sulit dipahami karena terdapat beberapa tata bahasa lainnya yang berfungsi untuk menyatakan alasan. Penelitian ini adalah penelitian yang menggunakan pendekatan kuantitatif, dan bertujuan untuk menemukan atau mengetahui tingkat pemahaman -godeun [-거든] pemelajar bahasa Korea, yakni mahasiswa tahun ketiga dan tahun keempat Program Studi Bahasa Korea Universitas Nasional dengan cara membandingkannya dengan pemahaman penutur asli bahasa Korea. Hasil penelitian menemukan bahwa mahasiswa tahun ketiga dan keempat menunjukkan perbedaan signifikan pada pemahaman yang berbeda dengan penutur asli bahasa. Mahasiswa tahun ketiga menunjukkan perbedaan signifikan dengan nilai Sig. 0.044 < 0.005, dan mahasiswa tahun keempat menunjukkan perbedaan signifikan dengan nilai Sig. 0.004.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Divisions: Skripsi > Fakultas Sastra > Program Studi Bahasa Korea
Depositing User: Delvy Aplirizani -
Date Deposited: 14 Mar 2024 02:33
Last Modified: 14 Mar 2024 02:33
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/9798

Actions (login required)

View Item View Item