Kartika, Niknik (2023) TRANSFORMASI PENDIDIKAN MELALUI KEBIJAKAN MERDEKA BELAJAR UNTUK MENCAPAI HASIL PEMBELAJARAN HOLISTIK (STUDI IMPLEMENTASI PROGRAM SEKOLAH PENGGERAK TINGKAT SEKOLAH DASAR DI PROVINSI DKI JAKARTA). Masters thesis, Universitas Nasional.
Text
Caver Tesis Nik Nik.pdf Download (802kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (242kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (651kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (163kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Download (651kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (207kB) |
|
Text
LAMPIRAN (2).pdf Download (24MB) |
Abstract
Belajar untuk Mencapai Hasil Pembelajaran Holistik (Studi Implementasi Program Sekolah Penggerak Tingkat Sekolah Dasar di Provinsi DKI Jakarta) D. Jumlah Hal : 130 halaman + Lampiran E. Kata Kunci : Program Sekolah Penggerak, Transformasi Pendidikan, Pembelajaran Holistik, Pengaruh Kepentingan, Dampak Perubahan F. Isi Singkat :Indonesia menduduki urutan 74 dari 79 negara yang diukur dari segi matematika, membaca dan sains. Transformasi pendidikan berfokus pada pemerataan peningkatan pendidikan yang disesuaikan dengan visi Indonesia Emas 2045. Program Sekolah Penggerak bertujuan untuk menyelenggarakan pendidikan yang berkualitas melalui kebijakan tingkat mikro pada level sekolah dan level meso yaitu pemerintah menyediakan anggaran dan sumber daya yang cukup untuk pelatihan guru dan pengembangan kurikulum. Adapun tujuan penelitian ini yaitu menganalisis implementasi program, demand side, dan supply side yang mempengaruhi implementasi Program Sekolah Penggerak di Sekolah Dasar di Provinsi DKI Jakarta. Analisis implementasi program menggunakan teori Grindle tentang keterlibatan aktor dalam program yang mampu memberikan dampak secara berkelanjutan. Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Adapun teknik penelitian menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Data penelitian didapatkan dari 32 informan yang terdiri dari unsur Direktorat Sekolah Dasar, pengawas, kepala sekolah, guru, siswa dan komite. Setelah data diperoleh, data dianalisis dengan mereduksi data, menyajikan data dan melakukan penarikan kesimpulan dan untuk keabsahan data digunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian yaitu implementasi program sekolah penggerak dilaksanakan melalui dua hal yaitu 1) konteks kebijakan yang difokuskan pada keterlibatan antara aktor pelaksana yaitu pemerintahan dan pihak sekolah mampu meningkatkan partisipasi aktif orang tua siswa. 2) isi kebijakan yang menunjukkan adanya perubahan positif pada karakter siswa, kreativitas, dan kemampuan berpikir kritis siswa yang dilihat melalui capaian kognitif siswa. Implementasi kebijakan berfokus pada kolaborasi dan integrasi pemahaman antar pemangku kepentingan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Tesis dan Disertasi > Sekolah Pasca Sarjana > Program Studi S2 Ilmu Administrasi |
Depositing User: | Miss Rahma Rahmawati |
Date Deposited: | 23 Oct 2023 06:42 |
Last Modified: | 23 Oct 2023 06:42 |
URI: | http://repository.unas.ac.id/id/eprint/8451 |
Actions (login required)
View Item |