PENGARUH MARKETING PUBLIC RELATIOS E-COMMERCE TOKOPEDIA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Survei Kepada Mahasiwa Aktif Ilmu Komunikasi Universitas Nasional Angkatan 2020)

Abqari, Muhammad Faisal (2023) PENGARUH MARKETING PUBLIC RELATIOS E-COMMERCE TOKOPEDIA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Survei Kepada Mahasiwa Aktif Ilmu Komunikasi Universitas Nasional Angkatan 2020). Diploma thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
COVER (Lembar Pengesahan, Pernyataan Orisinalitas, Abstrak, Kata Pengantar, Daftar Isi)_compressed.pdf

Download (556kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (604kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (412kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (626kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (838kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (360kB)
[img] Text
LAMPIRAN_compressed (1).pdf

Download (2MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB)

Abstract

Pada penelitian ini digunakan untuk mengetahui marketing public relations dapat mempengaruhi keputusan pembelian, seberapa besar pengaruh marketing public relations e-commerce Tokopedia terhadap keputusan pembelian konsumen dan seberapa tinggi keputusan pembeliannya. Dalam penelitian ini menggunakan metode survei dengan melakukan penyebaran kuesioner kepada 81 responden mahasiswa ilmu komunikasi Universitas Nasional 2020, penentuan sampel 81 dikarenakan penelitian ini termasuk dalam populasi finit dan menggunakan rumus slovin. Data yang dihasilkan diolah dengan SPSS 29 melalui teknis analisis deskriptif dan inferensial, hasil deskriptif pada penelitian ini menjabarkan secara umum variabel marketing public relations termasuk dalam kategori menarik. Begitu pun dimensi marketing public relations dikatakan menarik. Meskipun terdapat tiga dimensi yaitu pidato, aktivitas sosial, sponsor dikategorikan biasa saja. Sementara itu pada dimensi keputusan pembelian termasuk kedalam kategori terpenuhi, tidak ada satupun kategori biasa saja. Secara umum keputusan pembelian dapat dikatan kategori tinggi. Hasil pada penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh karena dibuktikan koefisien r pearson hitung (0,847 > 0,219) serta termasuk ke dalam kategori hubungan yang kuat dan kearah yang positif dikarenakan taraf signifikansi hitung 0,001 < 0,05 taraf signifikansi riset. Besar pengaruh marketing public relations ecommerce Tokopedia terhadap keputusan pembelian sebesar 71,8% lalu sisanya 28,2% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diketahui apa. Dengan demikian terdapat adanya pengaruh yang signifikan antara marketing public relations e-commerce Tokopedia terhadap keputusan pembelian konsumen.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Skripsi > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Delvy Aplirizani -
Date Deposited: 28 Jul 2023 03:13
Last Modified: 12 Jun 2024 03:17
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/8055

Actions (login required)

View Item View Item