BUDAYA INTERAKSI PARASOSIAL ANTARA PENGGEMAR GROUP KPOP @ENHYPEN_MEMBERS DI TWITTER

Putri, Nabila Alleynisa (2023) BUDAYA INTERAKSI PARASOSIAL ANTARA PENGGEMAR GROUP KPOP @ENHYPEN_MEMBERS DI TWITTER. Bachelor thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
COVER.pdf

Download (877kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (750kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (365kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (174kB)
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (196kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penyebaran budaya sebagai akibat perkembangan era digitalisasi kemudian akan menjadi pokok bahasan kajian ini. Proses penyebaran budaya K-pop (Hallyu) yang saat ini juga dikenal sebagai hallyu atau Korean wave merupakan salah satu gambaran dari proses tersebut. Penelitian ini dilakukan dengan maksud untuk mengisi kekosongan pada suatu permasalahan, khususnya budaya yang berkembang akibat dominasi penggemar group K-Pop Enhypen (Engene) yang aktif berinteraksi dengan idolanya (Enhypen) di media sosial Twitter. Platform media seperti Twitter ini digunakan untuk memfasilitasi para penggemar melakukan interaksi parasosial. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui budaya interaksi parasosial di kalangan penggemar group KPop @ENHYPEN_Members di Twitter. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif diskriptif dengan melakukan wawancara kepada penggemar Enhypen yang aktif melakukan interaksi di Twitter dan metode penelitian yang digunakan yaitu Netnografi dengan teknik Analisis Media Siber (AMS). Penelitian ini menemukan bahwa, para subjek penelitian aktif melakukan interaksi parasosial dengan @ENHYPEN_Members dan interaksi dengan sesama penggemar itu sendiri, dengan budaya komunikasi yang khas menyampaikan aktivitas pengidolaan (fangirling/fanboying) di Twitter. Hal tersebut turut memberikan dampak terhadap pribadi mereka serta kehidupan di dunia nyata dan dalam aktivitas tersebut terdapat konsep perilaku terbuka dan perilaku tertutup dari teori interaksionisme simbolik yang menjadi unsur dasar adanya interaksi baik antara penggemar dengan idolanya maupun dengan sesama penggemar itu sendiri.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4050 Electronic information resources
Divisions: Skripsi > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Delvy Aplirizani -
Date Deposited: 26 Jul 2023 06:59
Last Modified: 10 Jan 2024 03:36
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/8002

Actions (login required)

View Item View Item