IMPLEMENTASI PROGRAM GERAKAN LITERASI SEKOLAH DALAM MENUMBUHKAN MINAT BACA DI SMP NEGERI 1 KUNINGAN

Andiani, Ani (2022) IMPLEMENTASI PROGRAM GERAKAN LITERASI SEKOLAH DALAM MENUMBUHKAN MINAT BACA DI SMP NEGERI 1 KUNINGAN. Diploma thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
05. BAB 1.pdf

Download (172kB)
[img] Text
06. BAB 2.pdf

Download (252kB)
[img] Text
07. BAB 3.pdf

Download (139kB)
[img] Text
08. BAB 4.pdf

Download (6MB)
[img] Text
09. BAB 5.pdf

Download (100kB)
[img] Text
2. DAFPUS-LAMPIRAN.pdf

Download (491kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan program literasi, implementasi program Gerakan Literasi Sekolah (GLS), serta faktor pendukung dan penghambat implementasi program GLS yang dilaksanakan di SMP Negeri 1 Kuningan. Penelitian implementasi kebijakan ini mengacu pada teori implementasi dari Edward III yang menekankan pada empat aspek pokok implementasi yakni, komunikasi, sumberdaya, disposisi, dan struktur birokrasi. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan subjek penelitan kepala sekolah, ketua tim literasi, guru mata pelajaran, dan peserta didik. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teori dari Miles dan Huberman yakni, pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian adalah sebagai berikut: (1) SMP Negeri 1 Kuningan melaksanakan kebijakan literasi dengan membuat program rutin dan program insidental. Program rutin terdiri dari satu buku satu semester, membaca 15 menit diawal kegiatan belajar, readathon, Zoom literasi, dan kegiatan membaca rutin di hari Senin. Adapun program insidental terdiri dari peningkatan koleksi buku di Café Literasi, mengikuti lomba-lomba literasi, pemberian penghargaan kepada peserta didik maupun guru, dan wisata edutainment. (2) Implementasi kebijakan di SMP Negeri 1 Kuningan didukung oleh: a) Komunikasi dilakukan dengan mengikuti pelatihan literasi dan sosialisasi kepada orang tua peserta didik, b) Sumber daya didukung ketersediaan SDM dan hibah/sumbangan dari pemerintah dan orangtua seperta didik, c) Pelaksana kebijakan memiliki komitmen yang memadai, d) Struktur birokrasi bernama Tim Literasi Sekolah dibentuk oleh kepala sekolah. (3) Faktor pendukung berupa adanya support dari kepala sekolah dan individu pelaksana program, adanya komunikasi yang baik dengan orangtua, dan kekompakan dan komitem kepala sekolah serta tim literasi dalam pelaksanaan program GLS. Adapun penghambatnya adalah belum adanya penyamaan persepsi antara tim literasi dengan guru mapel, pendanaan yang masih mengandalkan hibah/sumbangan, belum terintegrasinya system perpus utama dan café literasi, dan belum adanya prosedur monev dari pihak sekolah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: J Political Science > JS Local government Municipal government
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: Skripsi > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Delvy Aprilizani -
Date Deposited: 20 Oct 2022 08:33
Last Modified: 20 Oct 2022 08:33
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/5911

Actions (login required)

View Item View Item