PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA DEPOK

Ferdianto, Wahyu (2022) PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA DEPOK. Diploma thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (630kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (484kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (248kB)
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (773kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (591kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilator belakangi oleh kebijakan Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk bekerja dari rumah atau biasa disebut dengan Work From Home (WFH) adalah belum ditopang oleh budaya kerja dan kreativitas para aparatur Pemerintah untuk memberikan pelayanan dari rumah. Kebijakan tersebut tidak dapat berjalan dengan efektif apabila didukung oleh kultur birokrasi yang masih lamban, karena pada dasarnya hanya birokrasi yang tangkas (agile bureaucracy) yang mampu beradaptasi serta menjaga kelangsungan pelayanan publik untuk masyarakat selama masa pandemi Covid-19 ini terjadi. Selain itu, penyelenggaraan pelayanan publik mengkhawatirkan akan hak - hak masyarakat, seperti yang tercantum dalam Undang-undang Nomor 25 Tahun 2009 Pasal 18 tentang Pelayanan Publik yang akan terabaikan khususnya pada jenis pelayanan administratif masyarakat. Diperlukannya solusi dalam meminimalisasir kekhawatiran dan dilemanya Pemerintah menghadapi persoalan tersebut. Sementara itu, adanya covid-19 yang belum berakhir penyebarannya. Kewaspadaan tersebut akan menyebabkan terjadinya wabah gelombang kedua ang dapat lebih berbahaya. Kewaspadaan yang dimaksud salah satunya adalah dalam hal pelayanan publik. Peneliti menemukan bahwa pelayanan administrasi kependudukan di masa pandemi Covid-19 di kota Depok sangat memerlukan inovasi dalam peningkatan pelayanan. Pelayanan ini berbentuk pelayanan publik online seperti penerbitan KTP-El, pengajuan akte kelahiran, penerbitan Kartu Keluarga melalui layanan Whatsapp dan website Dukcapil kota Depok. Inovasi tersebut dapat membantu upaya Pemerintah dalam memutus mata rantai pademi Covid-19 sehingga pelayanan dapat berjalan seperti biasanya walaupun pengajuan melalui online.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: Skripsi > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Delvy Aprilizani -
Date Deposited: 06 Oct 2022 03:33
Last Modified: 06 Oct 2022 03:33
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/5679

Actions (login required)

View Item View Item