KONVERGENSI MEDIA PADA PODCAST TEMPO DALAM MENGHADAPI TANTANGAN DI ERA DIGITAL

Aurelia, Nadifa Bunga (2022) KONVERGENSI MEDIA PADA PODCAST TEMPO DALAM MENGHADAPI TANTANGAN DI ERA DIGITAL. Diploma thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
COVER.pdf

Download (43MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (429kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (230kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (109kB)
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5 .pdf

Download (71kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Fenomena konvergensi media yang terjadi di tengah industri media, membuat perusahaan media baik cetak maupun media online, terus melakukan transformasi dengan cara berkonvergensi dengan menghadirkan berbagai macam platform. Tempo melakukan mediamorfosis dan konvergensi media menggunakan platform digital baru yaitu podcast. Berdasarkan fenomena tersebut menjadikan tujuan pada penelitian ini yaitu untuk mengetahui pelaksanaan konvergensi media yang dilakukan podcast Tempo dalam menghadapi tantangan di era digital. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivisme dan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian fenomenologi. Teori dan konsep yang digunakan dalam penelitian ini adalah konsep dari mediamorfosis yang digagas oleh Roger Fidler dengan tiga proses yaitu koevolusi, konvergensi, dan kompleksitas. Melalui pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan studi dokumen, penelitian ini berhasil menjawab pertanyaan penelitian dengan menunjukkan bahwa pada pelaksanaannya, podcast Tempo mengalami proses mediamorfosis yaitu Koevolusi, Konvergensi, Kompleksitas. Proses koevolusi yang terjadi pada podcast Tempo adanya perubahan bahasa, yaitu penggunaan bahasa digital dan penyesuaian bahasa pada program podcast Tempo. Pada proses konvergensi, podcast Tempo melakukan dua jenis konvergensi yaitu konvergensi teknologi dan konvergensi jurnalistik. Pada proses kompleksitas Tempo harus menghadapi kompleksitas berupa tekanan eksternal dan internal yang menyebabkan Tempo harus melakukan konvergensi media. Perubahan bukan terjadi pada teknologi yang digunakan saja melainkan mengubah budaya kerja dan sumber daya manusia. Selain itu, dalam menghadapi tantangan di era digital podcast Tempo mengimplementasikan strategi 3 M yaitu Multimedia, Multichannel, dan Multiplatform serta menggabungkan unsur 3 C yaitu Computing, Communication, Content dalam memproduksi podcast. Konvergensi ke dalam bentuk podcast membawa keuntungan podcast Tempo yaitu podcast sudah berhasil memperoleh audiens baru, yakni audiens muda. Selain itu dengan adanya podcast mempermudah divisi iklan untuk menawarkan kepada pengiklan untuk mempromosikan produknya melalui podcast.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Skripsi > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: - Abdurrahman -
Date Deposited: 06 Oct 2022 02:31
Last Modified: 06 Oct 2022 02:31
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/5514

Actions (login required)

View Item View Item