INOVASI PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN MELALUI APLIKASI SARANA ONLINE BANTU ADMINISTRASI TUNTAS (SOBAT DUKCAPIL) DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA TANGERANG

Muhaeni, Tika Anggita (2022) INOVASI PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN MELALUI APLIKASI SARANA ONLINE BANTU ADMINISTRASI TUNTAS (SOBAT DUKCAPIL) DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA TANGERANG. Diploma thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
COVER (COVER - DAFTAR TABEL).pdf

Download (416kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (329kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (291kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (104kB)
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (613kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (67kB)
[img] Text
lampiran1.pdf

Download (1MB)

Abstract

Aplikasi Sobat Dukcapil merupakan salah satu inovasi yang dikeluarkan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Tangerang pada tahun 2020 tepatnya di masa pandemi Covid-19 untuk memudahkan masyarakat dalam mengurus dokumen kependudukan dan pencatatan sipil secara tuntas. Namun dalam pelaksanannya masih terdapat permasalahan pada aplikasi Sobat Dukcapil seperti masih adanya masyarakat yang menggunakan cara offline karena tidak mengetahui keuntungan dari aplikasi Sobat Dukcapil, layanan yang tersedia pada aplikasi belum lengkap, aplikasi sulit untuk diases dan sering mengalami error, sosialisasi aplikasi yang belum mencakup keseluruhan masyarakat. Oleh karena itu, penelitian ini memiliki maksud untuk mengetahui bagaimana inovasi pelayanan administrasi kependudukan melalui aplikasi sarana online bantu administrasi tuntas (Sobat Dukcapil) di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Tangerang. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Data yang telah diperoleh kemudian dianalisis dengan teori Rogers (dalam Suwarno, 2008:16) yang memiliki 5 dimensi, yaitu: Keuntungan Relatif (Relative Advantage), Kesesuaian (Compatibility), Kerumitan (Complexity), Kemungkinan Dicoba (Trialability) dan Dapat Diamati (Observabilty). Hasil penelitian yang didapatkan pada pelaksanaan inovasi pelayanan administrasi kependudukan melalui aplikasi sarana online bantu administrasi tuntas (Sobat Dukcapil) di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Tangerang dalam pelaksanaannya masih belum berjalan dengan baik, karena dari lima dimensi yang digunakan, terdapat tiga dimensi yang belum memenuhi yaitu Kesesuaian (Compatibility), Kerumitan (Complexity), dan Kemungkinan Dicoba (Trialability) karena masih terdapat kekurangan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Skripsi > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Depositing User: - Abdurrahman -
Date Deposited: 05 Oct 2022 03:12
Last Modified: 05 Oct 2022 03:12
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/5320

Actions (login required)

View Item View Item