PENGARUH KONTROL SOSIAL SEKOLAH TERHADAP PERUNDUNGAN SISWA DI SMPN 5 TAMBUN SELATAN

Rayani, Annisa Dwi (2025) PENGARUH KONTROL SOSIAL SEKOLAH TERHADAP PERUNDUNGAN SISWA DI SMPN 5 TAMBUN SELATAN. Bachelor thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
COVER.pdf

Download (984kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (346kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (386kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (535kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (691kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (292kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh kontrol sosial sekolah terhadap perilaku perundungan di SMPN 5 Tambun Selatan. Dalam kajian ini, kontrol sosial dianalisis berdasarkan teori Travis Hirschi yang mencakup empat aspek utama: keterikatan (attachment), keterlibatan (involvement), komitmen (commitment), dan keyakinan (belief). Sementara itu, perilaku perundungan diklasifikasikan ke dalam tiga bentuk, yaitu fisik, verbal, dan psikologis. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan teknik survei. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner kepada siswa kemudian dianalisis menggunakan uji regresi untuk mengevaluasi hubungan antara kontrol sosial sekolah dan perilaku perundungan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kontrol sosial sekolah memiliki pengaruh negatif signifikan terhadap perilaku perundungan. Semakin tinggi tingkat kontrol sosial yang diterapkan oleh sekolah, semakin rendah kecenderungan siswa untuk melakukan tindakan perundungan. Dengan besar pengaruh antara kedua variabel sebesar 10,2%. Dari keempat dimensi kontrol sosial, attachment dan belief memiliki pengaruh terbesar dalam mengurangi perilaku Perundungan.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
L Education > L Education (General)
Divisions: Skripsi > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Miss Rahma Rahmawati
Date Deposited: 21 Jul 2025 03:49
Last Modified: 21 Jul 2025 03:49
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/13832

Actions (login required)

View Item View Item